Dosen dan Mahasiswa Stisipol Pahlwan 12 Sungailiat Pantau Pilkada Bateng 2020

BANGKA TENGAH, ERANEWS.CO.ID — Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Bangka Tengah bersama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 Sungailiat Bangka mengadakan kegiatan pemantauan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Kabupaten Bangka Tengah.

Kegiatan pemantauan dilaksanakan selama 3 hari mulai dari 8 -11 Desember 2020. Dan
Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 11 Mahasiswa dan 4 dosen serta melibatkan perangkat pemilu mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Tengah, pengawas kecamatan hingga KPPS, yang di sebarkan ke 2 kecamatan.

Kepala Bagian Kemahasiswaan (KABAG) STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bangka, Agung Ferianda mengatakan, terdapat beberapa hal yang menjadi fokus pemantauan diantaranya terkait masalah kecurangan, politik uang, penerapan protokol kesehatan dan lain-lain.

“Politik uang kerap dilakukan pada saat menjelang pemilih menuju Tempat Perhitungan Suara (TPS) dengan cara pembagian uang, sembako atau dalam bentuk lain,” kata Agung, Minggu (13/12/20).

Selain itu kata Agung, terkait dengan kecurangan penyelenggara TPS harus dipantau secara penuh kepada petugas KPPS agar tidak ada perubahan hasil perolehan suara pemilih dalam proses penghitungan
suara.

Agung kembali melanjutkan, adapun fokus pemantauan yang lainnya ialah terkait masalah penerapan protokol kesehatan, sejauh mana protokol kesehatan di masa pandemi benar-benar diterapkan selama proses pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan.

“Kami memastikan apakah penyelenggara serta pemilih telah menggunakan masker sebagai alat pelindung diri, apakah tiap-tiap TPS sudah menyediakan alat untuk mencuci tangan, sarung tangan, serta pemeriksaan suhu tubuh pemilih saat akan memasuki TPS,” ucapnya.

(eranews/eq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.