Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat Terus Upayakan Menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi

BANGKA, ERANEWS.CO.ID — Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 Sungailiat Bangka terus berupaya melaksanakan penelitian dalam menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi di Massa Corona Virus Diases (COVID-19).

Upaya tersebut dengan menerbitkan buku Komunikasi Pembangunan  dalam Media Cetak Lokal, terkait isi pemberitaan pemerintahan Kabupaten Bangka, yang di tulis oleh Suryani selaku Dosen STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bangka dan Septiar Andrilaransyah yang baru saja menyelesaikan Strata 1 (S1) di Kampus STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bangka.

Suryani selaku penulis buku yang berjudul Komunikasi Pembangunan dalam Media Cetak Lokal tersebut menggambarkan bahwa, Diseminasi informasi pembangunan menjadi issu yang penitng bagi pemerintah, saat teknologi komunikasi dan informasi berkembang dengan pesatnya, maka akan berimbas, juga kepada perubahan sosial lingkungan masyrakat dalam pemilihan media untuk mengkonsumsi informasi.

“Rekontruksi media dalam membingkai komunikasi pembangunan pemerintah dalam mendiseminasikan program kebijakan serta reformasi birokrasi menjadi hal yang sangat berpengaruh signifikan, dalam membangun hubungan yang baik dengen media dan masyarakat,”tuturnya, Rabu (24/02/21).

Suryani kembali melanjutkan terkait hasil pembedahan pada 3 media cetak di bulan Desember tahun 2019 yaitu, wartawan melakukan pemberitaan dengan model Straight News, mereka hanya melihat fakta dan langsung menulis tanpa membedah secara dalam.

“dalam konsep komunikasi pembangunan, berita-berita dengan model Straight News tidak begitu membawa pengaruh yang sangat siginikan terhadap perubahan kepada pembaca, perubahan yang didapatkan hanya cederung kepada perbuahan pengetahun saja, tidak kepada sikap dan perilaku, dalam konsep komunikasi pembangunan pemberitaan dengan model Deptt News sangat dibutuhkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah, ” ungkapnya.

Ia  menyampaikan pesan kepada Profesi Jurnalis untuk dapat menulis degan model Deptt News, wartawan dapat membedah informasi dengan menggunakan data dan analisis. Wartawan harus meningkatkan profesionalnya sebagai Jurnalis, mereka harus memiliki kemampuan yang maksimal terutama dalam menggali informasi tersebut dengan diberikan pelatihan dan keterampilan.

“saya berpesan kepada mahasiswa STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bangka, utnuk aktif membaca, menulis dan mempelajari etika profesi, karena profesi sebagai wartawan memiliki tanggung jawab dan moral yang sangat tinggi,”tegasnya.

(eranews/eq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.