Tinjau Sawah Namang, Erzaldi: Pemanfaatan Drone Untuk Pertanian Modern

NAMANG, ERANEWS.CO.ID – Menggunakan kecanggihan yang dimiliki teknologi drone, Gubernur Kep. Babel, Erzaldi Rosman langsung menangkap peluang ini untuk meningkatkan hasil produksi pertanian masyarakat Babel.

Bertempat di Kawasan Sawah Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, seluas 53 hektar, Gubernur Erzaldi menyempatkan untuk melihat sekaligus menyurvei lokasi yang akan menjadi salah satu kawasan pemanfaatan teknologi drone untuk pertanian modern, Selasa (16/02/21).

Bersama dengan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Jawa Barat, Hadi S, sebagai pihak yang akan melaksanakan kerjasama dengan Pemprov. Babel dalam penggunaan teknologi ini. Serta Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Babel, Juaidi, di sawah yang akan memasuki masa panen tersebut.

Di sela-sela kunjungan, Gubernur Babel mengatakan, penggunaan teknologi drone menuju pertanian modern dengan harapan dapat meningkatkan produktìvitas, efisiensi dan pendataan lebih akurat.

“Mutlak kita harus memakai teknologi. Tinggal bagaimana kita mengajak para petani untuk terbiasa memakai teknologi ini. Teknologi ini kalau tidak kita mulai, ya tidak mulai-mulai,” ungkap Erzaldi.

Sementara Wakil ketua umum Kadin Jabar, Hadi S menyampaikan, pihaknya akan membantu meningkatkan produktìvitas pertanian Babel. Sebagai ahli teknologi pangan, pihaknya akan mencoba menaikkan produktivìtas panen dari 8 ton hingga ke 11 atau 12 ton dengan teknologi.

Drone akan berfungsi untuk mendeteksi hama, pemupukan dan penyemprotan, memilih benih hingga membantu petani untuk memonitor lahan pertaniannya.

(sumber: Diskominfo Babel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.