Jadi Khotib Sholat Idul Adha 1445 H, Syahbudin Ajak Jamaah Teladani Kepatuhan Nabi Ibrahim

BANGKA, ERANEWS.CO.ID – Mantan Wakil Bupati Bangka, Syahbudin S.Ip, M.Tr.Ip periode 2018-2024 bersama dengan tokoh agama dan ratusan jamaah mengikuti sholat Idul Adha 1445 H di Masjid Jabal Nur, Kecamatan Riding Panjang, Belinyu, Senin (17/6/2024). Dirinya hadir diminta oleh pengurus masjid sebagai Khotib sholat Id dalam kesempatan tersebut.

Syahbudin yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bangka ini dalam tausiahnya mengajak kepada jamaah untuk mengambil pelajaran dan hikmah dari kisah Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail AS yang telah taat menjalankan perintah dari Allah SWT.

“Nabi Ibrahim telah rela berkorban demi kepatuhan melaksanakan perintah Allah SWT, dan pengorbanannya itu juga sebagai perwujudan syukur yang harus di contoh dalam kehidupannya sehari-hari,” ungkapnya.

Kemudian dia mengatakan, berqurban merupakan sujud syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan kepada seluruh umat manusia. Ia melanjutkan, berqurban juga sebagai wujud kepedulian manusia terhadap sesama.

“Artinya dalam ibadah qurban ini harus ikhlas dengan membagi-bagikan daging hewan qurban kepada orang lain baik yang beragama islam maupun agama lain. Yang terpenting adalah daging qurban harus dibagikan kepada mereka yang fakir dan miskin serta masyarakat lainnya,” sebutnya.

Esensi berqurban, menurut Syahbudin ialah menebar kebaikan, tulus dan bermakna. Dirinya juga mengingatkan kepada jamaah agar selalu ingat kepada Allah, bahwa Allah yang telah menciptakan segala sesuatu.

“Mari kita renungkan pengorbanan yang sudah dilakukan oleh Nabi Ibrahim. Kita pelajari dan ambil hikmahnya, selanjutnya terapkan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan di keluarga, masyarakat, berbangsa dan bernegara,” ajak Wabup dalam menutup kotbahnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.