Pimpin Apel Siaga Kesiapan Pantarlih, Camat Bakam Sampaikan Beberapa Pesan

BANGKA, ERANEWS.CO.ID – Pimpin apel pagi, Camat Bakal, Ridwan S.PKP dalam sambutannya mengatakan atas pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang telah dilantik. Lebih lanjut, dirinya berpesan agar anggota PPK terpilih dapat menjalankan amanah yang telah diberikan.

“Bekerjalah dengan rasa tanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pesan Ridwan, Senin (24/6/2024).

Dijelaskan Camat Bakam, apel persiapan pantarlih yang dilaksanakan merupakan bagian dari upaya pemerintah kecamatan untuk semakin memperkokoh komitmen agar dalam pelaksanaan pemilihan gubernur, walikota dan bupati tahun 2024 berjalan dengan baik, aman dan damai. Tidak hanya itu saja, menurut Ridwan apel juga menjadi salah satu tahapan persiapan dan diklat.

“Pemilihan umum memiliki arti yang sangat penting dan strategis dalam proses penyelenggaraan dan pengelolaan bangsa dan negara, karena akan memilih pemimpin-pemimpin nasional maupun daerah. Hal tersebut, menyebabkan kualitas penyelenggaraan pemilu menjadi sangat penting karena merupakan tonggak awal penyelenggaraan pembangunan lima tahun ke depan,” sebutnya.

Kemudian dirinya berpesan untuk memperhatikan aspek kualitas pemilu, maka PPK dan PPS memegang peranan strategis terutama dalam penyiapan seluruh personil yang akan terlibat dalam agenda penyelenggaraan pemilu. Ia katakan hal itu merupakan peran utama untuk mewujudkan pesta demokrasi yang mempunyai legitimasi di hadapan rakyat sebagai pemilik kedaulatan.

“Saya selaku Camat Bakam beserta jajaran ikut mendorong secara aktif agar tahapan-tahapan peniku dapat mencerminkan bahwa Kabupaten Bangka benar-benar siap melaksanakan pemilu yang berkualitas dan bermartabat, tidak hanya dari sisi pelaksanaan tetapi juga dari sisi kondusifitas daerah yang solid,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikannya untuk selalu merefleksikan diri dan memperbaiki segala kekurangan pelaksanaan pemilu yang telah berlangsung sebelum-sebelumnya, sehingga pada pelaksanaan pilkada yang akan datang agar bisa mengantisipasi kekurangan-kekurangan. Dan yang tak kalah penting menurut Ridwan adalah kepercayaan masyarakat sebagai pemilih, dan partai politik sebagai peserta pemilu kepada penyelenggara.

“Peganglah prinsip pemilu secara global meliputi independensi, imparsial integritas, transparansi, efisiensi, profesional dan pelayanan publik. Jika prisnsip tersebut bisa kita jalankan, in sya Allah kepercayaan publik akan semakin kuat terhadap KPU, PPK dan jajarannya. Kepercayaan masyarakat tersebut tentunya juga akan berdampak terhadap partisipasi masyarakat dalam pemilu,” terangnya.

Di akhir sambutannya, Ridwan berharap tugas yang diemban dapat dilaksanakan sebaik-baiknya, baik dari tahapan demi tahapan sampai menghasilkan pemimpin yang dikehendaki oleh masyarakat secara demokratis.

“Selamat menjalankan diklat hari ini, ikuti dan implementasikan dengan baik,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.