Pelanggan Mengeluh Air Terasa Asin, Ini Penjelasan Plt Dir Perumdam Tirta Pinang

PANGKALPINANG, ERANEWS.CO.ID — Sejumlah pelanggan mengeluhkan pasokan Air dari Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Pinang terasa asin. Kejadian ini dirasakan oleh sejumlah pelanggan sejak kemarin.

Plt Direktur Perumdam Tirta Pinang, DR dr Mas Agus Hakim saat dikonfirmasi Selasa (21/11/23) membenarkan hal tersebut.

“Ya benar, air yang disuplai dari kita ke pelanggan berasa asin. Penyebabnya itu adanya air laut yang tak sengaja masuk kemudian bercampur ke kolam air,” ucap Hakim.

Hakim menjelaskan salah satu penyebab air menjadi terasa asin dikarenakan beberapa hari terakhir gelombang air laut cukup tinggi sehingga sumber air baku milik Perumdam Tirta Pinang tercemar oleh air laut.

“Bukan tidak ada penyaringan, tetapi jumlah air laut yang masuk itu tidak bisa terkontrol, sehingga air yang disuplai ke pelanggan menjadi asin,” Jelas Hakim.

Hakim menyebut kolong sumber baku yang terkontaminasi air laut itu terjadi di kolong Pedindang dan Kolong Retensi Kacang Pedang.

“Saat ini kolong yang terkontaminasi air laut sementara sudah kita stop sampai airnya tidak terasa asin ,”ujar dia.

Atas ketidaknyamanan, lanjut Hakim pihak Perumdam Tirta Pinang meminta maaf terutama kepada semua pelanggan Perumdam Tirta Pinang.

“”Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, untuk saat ini sudah kami lakukan penyetopan dan berupaya agar air yang tiba di rumah pelanggan tidak terasa asin lagi,” pungkasnya.

(Shandy_Mane)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.