Edukasi Soal Pengelolaan Sampah, PT Timah Tbk Bersama Pemerintah Desa Air Limau Gelar Seminar HPSN

BANGKA BARAT, ERANEWS.CO.ID — Sejak tiga tahun belakangan PT Timah Tbk mendukung kegiatan Bank Sampah di Desa Air Limau, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat dalam mengelola sampah.

Masyarakat dapat menukar sampah mereka di bank sampah, sehingga sampah bisa bernilai ekonomi.

Dalam rangka memeringati Hari Sampah Nasional 2023, PT Timah Tbk bersama Pemerintah Desa Air Limau menggelar Seminar Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dengan tema ‘Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat’, Sabtu (25/2/2023).

Kepala Desa Air Limau Mexidiansah
mengatakan kegiatan HPSN 2023 bertujuan mengedukasi masyarakat dan nasabah bank sampah untuk peduli lingkungan. Pihaknya menggandeng PT Timah yang dinilai berkomitmen mendukung kegiatan Bank Sampah di Desa Air Limau.

“Selama tiga tahun ini kita sudah disuport oleh PT Timah. Kegiatan ini. Ini sangat sangat positif buat Bank Sampah, karena tanpa adanya kolaborasi tidak akan bisa memaksimalkan kegiatan yang sudah dibangun. Masalah sampah ini tanggung jawab bersama. Kami ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada PT Timah,”kata Mexi.

Nasabah Bank Sampah Jahara sekaligus warga setempat mengaku banyak manfaat menjadi nasabah Bank Sampah selain nilai ekonomi. Pihaknya juga mendapatkan ilmu yang diberikan PT Timah melalui program Kampung Amoi.

“Banyak manfaat selama menjadi nasabah Bank Sampah selain kita dapat mengelola sampah dengan benar. Kita mendapat nilai ekonomis, juga dapat doorprize dari Buku tabungan Sampah,” katanya.

Melalui program Kampung Amoi kata dia mereka juga mendapatkan pelatihan, berupa pemberian bibit lele, bebek, aqua ponik berikut sarana dan prasaranannya.

“Kami sangat merasakan keberadaan PT Timah. Terima kasih banyak untuk PT Timah semoga sukses selalu,” ujarnya

Sementara itu Penyuluh Pertanian Lapangan Dinas Pertanian Perikanan Bangka Barat Yulizar mengatakan PT Timah Tbk cukup berperan dalam mendukung kegiatan Dinas Pertanian dan Perikanan.

“Peran serta PT Timah di masyarakat cukup banyak di sini, salah satunya program CSR. Dibidang pertanian dan peternakan juga didukung PT Timah. Selain dibidang sosial, PT Timah Tbk juga membantu launching desa Agro wisata,” tandasnya.

(sumber timah.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.