Pertambangan Legal Masih Menjadi Sektor Andalan Untuk Menggerakkan Ekonomi

PANGKALPINANG, ERANEWS.CO.ID — Sektor pertambangan masih menjadi andalan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah terutama daerah penghasil untuk menggerakkan laju perekonomian.

Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai salah satu daerah penghasil tambang timah, sektor pertambangan dan penggalian memberikan kontribusi 12,36 persen terhdap PDRB Babel tahun 2019.

Dosen Ekonomi Universitas Bangka Belitung, Dr. Nizwan Zukhri, SE, MM menjelaskan tahun 2019 lalu, sektor lapangan usaha yang memberikan kontribusi terbesar terhdap PDRB Bangka Belitung adalah sektor industri pengolahan dengan peresentase sebesar 22, 26 persen, posisi dan persentase masing-masing sektor ini tidak jauh berbeda dibandingkan pada tahun 2018.

“Jika kita lihat lebih jauh industri pengolahan yang memberikan kontribusi terbesar terhadap laju pertumbuhan ekonomi Babel, secara mayoritas merupakan industri pengolahan logam dasar yang tentunya merupakan industri pengolahan timah,” katanya, Rabu (01/07/20).

Peran sektor pertambangan terhadap perekonomian Indonesia secara keseluruhan, dimana pertambangan memberikan kontribusi sebesar 7, 36 persen, dan peran dari sector industry pengolahan sebesar 20,79 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.