Walikota Pangkalpinang Terpilih Sebagai Wakil Ketua Bidang Informasi, Advokasi dan Hukum APEKSI 2021-2024

PANGKALPINANG, ERANEWS.CO.ID — Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil terpilih sebagai Wakil Ketua Bidang Informasi, Advokasi dan Hukum Dewan Pengurus Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) periode 2021- 2024.

Terpilihnya Maulan Aklil atau akrab disapa Molen saat menghadiri Musyawarah Nasional VI APEKSI di Jakarta, dengan agenda utama pemilihan Dewan Pengawasan dan Dewan Pengurus APEKSI 2021-2024, Kamis (11/2/2021). 

“Alhamdulillah ini sudah menjadi takdir saya yang ditunjuk kawan-kawan APEKSI untuk mengemban amanah yang dititipkan ini, insyallah saya akan menjalankan sebaik-baiknya,” tutur Molen. 

Dia menuturkan, dengan terpilihnya sebagai Wakil Ketua Bidang Informasi, Advokasi dan Hukum ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan baginya. Diantara sembilan wali kota se-Indonesian yang menjadi Dewan Pengurus, dia terpilih menjadi satu diantaranya. 

“ Rata-rata wali kota seluruh Indonesia yang tergabung dalam APEKSI ini sudah menjabat dua periode di daerah masing-masing. Akan tetapi, saya baru dua tahun menjadi Wali Kota Pangkalpinang sudah menjadi Dewan Pengurus APEKSI periode 2021 – 2024, Alhamdulillah,” ucapnya.

Molen berharap hadirnya Pangkalpinang pada APEKSI dapat membawa kota berjargon Beribu Senyuman ini lebih berprestasi di kancah nasional. 

Dalam siaran pers yang disampaikan APEKSI, Musyawarah Nasional (Munas) VI APEKSI Tahun 2021 merupakan ajang pertemuan empat tahunan APEKSI, yang mengangkat tema “Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Penanganan Dan Paska Pandemi COVID-19”.

Munas ini telah melalui proses penundaan yang seharusnya dilaksanakan Tahun 2020 lalu akibat pandemi COVID-19. Munas menghasilkan sejumlah keputusan seperti Program Kerja 2021-2024, Rekomendasi dan Dewan Pengurus Periode 2021 – 2024.

Secara musyawarah dan mufakat memilih Wali Kota Bogor, Bima Arya sebagai Ketua Dewan Pengurus 2021-2024. 

Susunan Pengurus APEKSI Periode 2021-2024:

  1. Ketua – Wali Kota Bogor
  2. Wakil Ketua Bidang Pemerintahan dan Otonomi – Wali Kota Gorontalo
  3. Wakil Ketua Bidang Kerjasama – Wali Kota Semarang
  4. Wakil Ketua Bidang Pembangunan – Wali Kota Banda Aceh
  5. Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial dan Perkotaan – Wali Kota Banjarmasin
    Bidang Ekonomi dan Keuangan – Wali Kota Kediri,
  6. Wakil Ketua Bidang Informasi, Advokasi dan Hukum – Wali Kota Pangkalpinang
  7. Bendahara – Wali Kota Batu

Sedangkan susunan Dewan Pengawas APEKSI periode 2021-2024, diketuai Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany yang sebelumnya menjadi Ketua APEKSI, dengan anggota Wali Kota Jambi dan Wali Kota Parepare.

Kegiatan Munas yang dihadiri 40 wali kota dari 98 wali kota anggota APEKSI ini diakhiri dengan Pengukuhan Ketua Dewan Pengurus 2021-2024 oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sekaligus menutup rangkaian Munas secara daring.

Sumber Berita :Diskominfo Kota Pangkalpinang.
Foto : Dok Diskominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.