Walikota Harap ASN Tetap Produktif Meski Menjalani Puasa

PANGKALPINANG, ERANEWS.CO.ID — Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, menegaskan, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah kota setempat agar tetap produktif saat sedang menjalankan ibadah puasa.

Sebelumnya, dirinya menandatangani Surat Edaran Nomor 800/085/BKPSDMD/III/2022 tentang Jam Kerja ASN pada Bulan Ramadan 1433 Hijriah di Lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang pada 29 Maret 2022 lalu.

“Tetap produktif tidak mengurangi produktivitas dan pencapaian kinerja bagi pegawai ASN ataupun kinerja organisasi. Serta tidak mengganggu kelancaran penyelenggaraan pelayanan publik,” kata Molen, Senin (4/4/2022).

Pemkot, lanjutnya, pada Ramadan 1443 Hijriah memang menerapkan pengurangan jam kerja selama lima hari kerja dibandingkan hari-hari biasanya.

Selama puasa, jam kerja ASN menjadi 6 jam 30 menit per harinya. Hal itu berarti selama sepekan, jam kerja efektif ASN hanya 32 jam 50 menit. Di luar Ramadan, jam kerja efektif ASN sendiri mencapai 37 jam 50 menit.

Jam kerja selama Ramadan dimulai dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB, dengan waktu istirahat selama 30 menit pada pukul 12.00-12.30 WIB. Kemudian dilanjutkan hingga pukul 15.00 WIB. Untuk Hari Jumat, masuk pukul 08.00 WIB, istirahat pukul 11.30-12.30 WIB. Pulang pukul 15.30 WIB.

Pengecualian kepada pegawai yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, seperti pegawai rumah sakit, puskesmas hingga kependidikan, untuk dapat mengatur jam kerja penugasan selama Ramadan.

“Pengaturannya ada di organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing,” terang Molen.

Oleh karenanya Molen berharap, momentum Ramadan harus dijadikan refleksi untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.


Dirinya optimis ASN tidak akan terganggu apalagi hiingga menurun produktivitas kinerja meski sedang menjalani ibadah puasa. Sebaliknya, justru akan meningkat karena bekerja juga bagian dari ibadah yang memiliki nilai pahala besar.

“Saya yakin dan percaya para ASN dapat memanfaatkan waktu dengan baik serta tahu kapan harus melaksanakan tugas dan melaksanakan ibadah,” tandas Molen.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.