Ukur Tingkat Kebugaran Atlit Babel Uji VO2 Max

PANGKALPINANG, ERANEWS.CO.ID — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bangka Belitung melaksanakan uji VO2 Max kesemua atlit Babel sebagai persiapan menuju PON XX Papua, Minggu (09/02/20)

VO2 Max merupakan tingkatan tertinggi untuk mengetahui kebugaran seseorang, dengan artian bahwa VO2 Max adalah kemapuan seseorang menghirup oksigen sebanyak banyaknya untuk menghasilkan endurance saat menjalani program latihan.

Ketua KONI Babel, Elfandy menyebutkan, tes ini sebagai bagian dari Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) untuk mengukur tingkat kebugaran atlet.

“Ada 13 item yang dilakukan tes. Ini mencakup semua hal hal yang berhubungan dengan kondisi fisik atlet karena kondisi fisik atlit ini akan bisa menggambarkan kemampuan atlet pada saat ini,” sebutnya.

Menurut Elfandi, ini adalah sebagai titik awal untuk melihat perkembangan atlit kedepannya dan sebagai bahan dasar pelatih untuk menentukan program latihan atlet tersebut

“Tiga atau empat bulan lagi kita adakan tes lagi sebagai parameter hasil latihan, selain itu tim juga akan memonitor perkembangan atlit per hari, per minggu, per bulan,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan nantinya akan dilakukan tes kesehatan terhadap semua atlit yang akan berlaga di PON XX Papua.

“Kita akan lakukan tes kesehatan. Ini menjadi poin penting karena kita akan menyiapkan kondisi fisik dan kesehatan yang baik untuk atlet supaya kita bisa berhasil meraih prestasi maksimal di PON Papua nanti,” tukasnya.

(eranews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.