UKM STIPALAS STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Raih Juara 1 Lomba Tari Kreasi Fisip Expo 2020

BANGKA, ERANEWS.CO.ID — Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) STIPALAS Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 Sungailiat Bangka meraih juara satu pada lomba tari kreasi Fisip Expo 2020.

Mereka membawakan tarian Tuhu dengan menampilkan 2 orang penari yaitu Muhammad Rizki dan Rio Saputra yang menceritakan kisah Suku Lom, Kamis (22/10/20).

Salah satu penari Tuhu, Muhammad Rizki menyampaikan bahwa konsep tarian ini menganggkat kisah Suku Lom yang memiliki keberagaman dalam kepercayaan yang disebut dengan segentar, segentar. Itu sendiri terdiri dari segentar langit, segentar embun, segentar bumi dan segentar alam.

“Saya sangat tertarik dengan sikap mereka. Suku Lom memiliki, sikap toleransi, saling menghargai, dan menjaga satu sama lain. Suku Lom menganut kepercayaan animisme dan sangat menjunjung tinggi hukum adat, mereka yakin bahwa setiap bagian dari bumi memiliki roh yang harus di sembah. Tuhu yang berarti sangat taat merupakan bentuk dari toleransi dan saling menghargai,” ungkapnya.

Muhammad Rizki juga menambahkan, ada beberapa unsur dan konsep dari tarian Tuhu yaitu gerak, kostum, lighting, dan yang lainnya. Dari gerak sendiri, ini menggunakan pijakan gerak tari kedidi dan dambus dan juga menggunakan beberapa simbol gerak yang mencerminkan kehidupan orang suku yang sesungguhnya seperti membentangkan tangan selebar lebarnya, memberikan gerakan-gerakan yang dominan seperti meloncat, guling, dan gerakan lainnya yang memang mengandung unsur identitas suku pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.