Tim Baher MoU Dengan BPJS Kesehatan



TOBOALI, ERANEWS.CO.ID- Yayasan Tim Baher melakukan penandatanganan MoU dengan BPJS Kesehatan di Gedung Serba Guna Kantor Camat Toboali, Senin (25/4/2022).

Dalam penandatanganan MoU tersebut juga dihadiri Camat Toboali, BPJS Pangkalpinang, BPJS Bangka Selatan,Tim Baher serta masyarakat Toboali yang menerima BPJS.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Pangkalpinang, Rudy Widjajadi menyebutkan, bahwa penandatangan MoU dengan Tim Baher dalam rangka meningkatkan keikutsertaan di wilayah Bangka Belitung khususnya di Kabupaten Bangka Selatan.

“Jadi hari ini kami bekerjasama dengan Tim Baher, dimana Tim Baher berpartisipasi dalam program Donasi JKN yang memang ada programnya di BPJS kesehatan dalam hal pendaftaran keikutsertaan maupun pembayan iurannya,” sebutnya.

Ia menambahkan, Tim Baher sendiri sudah mendaftarkan kurang lebih sebanyak 16 kartu keluarga (KK) dengan jumlah 42 jiwa, berharap ke depan lebih banyak lagi organisasi-organisasi atau perusahan yang bisa berpartisipasi dalam rangka untuk meningkatkan keikutsertaan.

“Untuk kartu yang sudah didaftarkan oleh tim Baher dan sudah dibayarkan iurannya, sudah aktif dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, artinya bila masyarakat memerlukan akses kesehatan kartunya sudah aktif, dan kalaupun nanti ada kendala bisa berkoordinasi dengan kantor BPJS Bangka Selatan,” tuturnya.

Dirinya menjelaskan, untuk pelayanan kesehatan ini dapat mengakses ke fasilitas kesehatan tingkat pertama di wilayah Bangka Selatan, akan tetapi jika harus dirujuk ke rumah sakit maka dirujuk ke rumah sakit terdekat terlebih dahulu di wilayah Bangka Selatan.

“Jika nanti memang pemegang kartu BPJS ini harus di rujuk ke Rumah Sakit yang adanya hanya di Pangkalpinang atau keluar daerah maka bisa juga nanti sistemnya rujukan yang berlaku sesuai dengan ketentuan,” ucapnya.

Sementara itu, Marlian selaku perwakilan Tim Baher mengatakan Penandatangan MoU dengan BPJS Kesehatan bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat khususnya nelayan pesisir yang ada di Kecamatan Toboali.

“Dari kompensasi Mitra PT Timah yang kami kelola ini, kami ingin bisa dimanfaatkan masyarakat dalam jangka panjang,” paparnya.

Ia menuturkan, selama ini Tim Baher sudah sering menyalurkan bantuan kompensasi dalam bentuk kesehatan dan hari ini melakukan MoU dengan BPJS Kesehatan untuk memberikan jaminan kepada masyarakat khususnya nelayan pesisir.

“Untuk jumlah masyarakat yang di daftarkan dan dibayarkan iurannya akan disesuaikan, namun untuk tahap pertama yang diajukan sebanyak 95 orang dan ada yang sudah masuk PBI sehingga tersisa 42 orang,” imbuhnya.

Tambah Marlian, Pengelolaan kompensasi ini tidak hanya di bidang kesehatan saja, namun ada juga bidang sosial, pendidikan dan keagamaan, sehingga untuk jumlah yang kami daftarkan untuk gelombang pertama ini ada 42 orang dan nanti akan ada gelombang kedua.

“Kami berharap bantuan jaminan kesehatan melalui dana kompensasi dari mitra PT Timah di berikan khusus untuk masyarakat nelayan pesisir, dan untuk masyarakat yang sudah didaftarkan, iuran keikutsertaannya sudah dibayarkan selama satu tahun dengan total Rp 34 juta,” jelasnya.

Dirinya berharap seluruh nelayan minimal yang ada di pesisir bisa terbantukan dengan adanya BPJS ini. dan kompensasi yang dikelola ini diharapkan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pesisir secara adil dan merata. (EraNews/Leo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tercepat Memberitakan

X
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.