Terima 10.713 Benih Kopi, Potensi Pertanian Terbaru di Bangka Tengah

NAMANG, ERANEWS.CO.ID — Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman menghadiri kegiatan penyaluran dan tanam bersama benih kopi terstandar, bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah Raudlatul Muta’allimin Al-Baisuny, Desa Jelutung, Rabu (11/01/2023).

Kegiatan yang digelar oleh Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Bangka Belitung ini, sebagai upaya mendukung pengembangan wilayah agrobisinis tanaman kopi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Adapun benih kopi yang disalurkan sebanyak 10.713 benih Kopi Propelegitim. Dalam kesempatan ini, Bupati Bateng didampingi oleh Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) juga turut menanam benih kopi di area Ponpes Salafiyah Raudlatul Muta’allimin Al-Baisuny.

Sebagai informasi, pada 2023 terdapat dukungan sekitar 100 hektar lahan untuk pengembangan bibit kopi dan akan terbagi di beberapa daerah di Bangka Tengah, seperti Bukit Pading, Lampur, dan Melabun.

Dalam sambutannya, Algafry menyampaikan rasa syukurnya atas dukungan berupa benih kopi jenis Robusta yang sudah terstandarisasi dan unggul yang diberikan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kepulauan Bangka Belitung.

“Harus kita rawat dengan baik benih kopi yang sudah diberikan dan diamanahkan kepada kita,” himbau Algafry.

Kegiatan ini juga bertujuan agar Ponpes bisa berkembang, santri maupun pengurus Ponpes tidak hanya mendalami ilmu agama dan tauhid, namun bisa menambah keterampilan lain, seperti bertani khususnya tanaman kopi.

“Kopi saat ini sangat digandrungi masyarakat terutama di Bangka Tengah. Oleh karena itu 2 hingga 3 tahun kedepan, saya berharap kopi yang ditanam di area Ponpes Salafiyah Raudlatul Muta’allimin Al-Baisuny bisa dikomersilkan dan bermanfaat positif bagi ponpes,” ucap Algafry.

Sementara itu, Kepala BBP2TP, Fery Fahruddin Munir saat ditemui menyampaikan komitmennya untuk lebih menggerakkan dan meningkatan lagi kehadiran Kementerian Pertanian di setiap program pertanian pemerintah daerah, khususnya Pemkab Bangka Tengah. Selain itu, Ia juga mengatakan pada tahun 2023 juga akan dilakukan standarisasi dan sertifikasi benih-benih unggul.

“Terima kasih kepada Bupati Bangka Tengah atas kerjasama baik ini, ini merupakan tugas kita bersama untuk membangun pertanian dimanapun kita berada,” ucapnya.

Feri juga mengatakan bahwa permintaan benih dari Bangka Tengah sangat luar biasa sehingga proses penyaluran benih kedepannya akan dilakukan secara bertahap.

Turut dihadiri Kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Bangka Belitung, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka Tengah, Camat Namang, Kepala Desa Jelutung, Pimpinan Pondok Pesantren Salafiyah Radulatul Muta’allimin Al-Baisuny dan tamu undangan lainnya.

* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.