Tahun Ini, Dinas Pertanian Basel Dapat Alokasi Pupuk Subsidi 17,16 Ribu Ton



TOBOALI, ERANEWS.CO.ID – Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan mendapatkan tambahan alokasi pupuk subsidi sebanyak 17,16 ribu ton pertama dari Pemerintah Provinsi Bangka Belitung. Hal itu dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan, Suhadi pada Jumat, 5 November 2021.

“Dengan kondisi saat ini, adanya peningkatan – peningkatan penggunaan dan sebagainya sehingga adanya relokasi dari provinsi dan kabupaten lainnya ada tambahan kurang lebih 29,36 ribu ton,” kata Suhadi di ruang kerjanya.

Ia juga menambahkan, ada beberapa item atau jenis pupuk yang termasuk didalam subsidi misalnya, ada alokasi Urea, alokasi SP 36, kemudian ZA, Ponska dan organik.

“Semuanya ada penambahan, walaupun yang tidak terlalu besar, dan alokasi pupuk ini seluruh Kecamatan di Basel mendapatkan alokasi,” ucapnya.

Lanjutnya, cuma memang yang dimanfaatkan atau serapan yang paling banyak ada di beberapa Kecamatan seperti Payung, Airgegas dan Toboali.

“Itu memiliki serapan pupuk yang paling tinggi disana, dan untuk distribusi sendiri tentunya disesuaikan, kita evaluasi berdasarkan luas areal,” jelasnya.

Suhadi menuturkan, karena pupuk subsidi ini utamanya yang diutamakannya sesuai petunjuk teknisnya yakni untuk tanaman pangan.

“Cuman memang, untuk Kabupaten Basel ini tanaman pangan justru malah karena penyerapannya itu landai, artinya tidak bisa sekaligus karena berdasarkan pola tanam yang dilakukan, sehingga memang mengalami landai,” imbuhnya.

Penyalurannya sendiri sesuai ERDKK yang disusun, kemudian untuk pengambilannya itu melalui pengecer-pengecer di masing-masing desa.

“Syaratnya sendiri yaitu harus masuk dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK), didalam e-RDKK ini mereka ada kartu tani, artinya yang memiliki kartu tani, kemudian terinput didalam e-RDKK itulah yang bisa mendapatkan,” terangnya.

(EraNews/Leo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.