“Sigesit Bos” Siap Tangani Banjir Opas dan Genas

PANGKALPINANG, ERANEWS.CO.ID — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pangkalpinang akan mengimplementasikan program Sigesit Boss.

Inovasi Kepala PUPR Kota Pangkalpinang, Miego ini merupakan upaya untuk penanganan banjir di dua Kelurahan Opas dan Gedung Nasional. Sigesit Boss ini sendiri merupakan singkatan dari Gerakan Siap Tangani Banjir Opas dan Genas.

Menurut Miego, target dua Kelurahan ini karena merupakan pusat kota, jasa dan perdagangan di Kota Pangkalpinang. Apalagi, titik dua Kelurahan ini merupakan daerah langganan banjir di Kota Pangkalpinang.

“Saya ini ingin siaga kalau ada laporan saya ingin cepat. Jadi Sigesit Boss ini untuk implementasi gerakan kita menangani banjir di dua target Kelurahan kita,” jelas Miego ditemui diruangannya, Kamis (7/4).

Proyek perubahan dan inovasi ini kata Miego merupakan ide dari Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan jajaran. Tim Sigesit Boss akan dibentuk tinggal menunggu SK dari Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil.

“Sementara target kita dua Kelurahan ini dulu karena kawasan pemukiman padat penduduk dan titik rawan banjir. Ini juga daerah pusat Kota, jasa dan perdagangan di Kota Pangkalpinang,” ujarnya.

Program Sigesit Boss ini merupakan upaya pencegahan, penanganan dan pasca kejadian banjir. Namun lebih pada kearah pembangunan fisik dan akan melakukan kolaborasi dengan pihak terkait seperti BPBD.

“Nanti kita akan melakukan pencegahan dalam bentuk fisik. Seperti menyediakan pompa stasioner, pembangunan pintu air dan pemeliharaan saluran,” katanya.

Diharapkan dengan adanya Sigesit Boss ini penanganan banjir di dua Kelurahan ini cepat tanggap sesuai tagline. Kemudian juga, masyarakat dapat mendukung, menjaga lingkungan dan gotong royong untuk penanganan banjir di daerah tersebut.

“Outputnya masyarakat bisa tenang dan nyaman dan tidak khawatir jika terjadi hujan di barengi pasang air laut,” tutur mantan Kepala Dinas Perkim Kota ini.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.