Serap Ilmu Parenting dari Psikolog Elly Risman, Ketua TP-PKK Bangka Tengah Optimalkan Peran Orang Tua

PANGKALANBARU, ERANEW.CO.ID — drg. Eva Algafry selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah secara resmi membuka Seminar Parenting bertemakan Remaja dan Digitalisasi di Ruang Tanjung Kelayang Hotel Santika, Selasa (14/02/2023) yang menghadirkan Hj. Elly Risman, S.Psi, selaku psikolog spesialis pengasuhan anak.

Seminar Parenting yang diprakarsai Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Bangka Tengah ini dipenuhi kurang lebih 200 peserta yang terdiri dari Istri Camat, Lurah/Kepala Desa, Penghulu Desa/Kelurahan, Organisasi Wanita di wilayah Kabupaten Bangka Tengah dan Guru BK SD/MI, SMP/Mts, hingga SMA/MA se-Bangka Tengah.

Mulai dari ilmu terkait pengenalan terhadap remaja, mengukur kesiapan menjadi orang tua & mengenali tipe orang tua, aspek-aspek penentu tumbuh kembang remaja seperti peran & fungsi ayah dan ibu dalam pengasuhan serta kiat sukses menjadi orang tua dan sahabat remaja di dunia digital, disampaikan oleh Hj. Elly Risman, S.Psi,  yang pernah menempuh pendidikan sebagai Special Student di Florida State University Talahase.

drg. Eva Algafry mengakui mendapat banyak sekali ilmu yang bermanfaat pada Seminar Parenting Remaja dan Digitalisasi ini. Ia mengatakan bahwa hal pertama yang harus dikoreksi adalah diri sendiri sebagai orang tua.

“Alhamdulillah, hari ini kita mendapat ilmu yang luar biasa. Banyak sekali ilmu yang bermanfaat yang bisa didapatkan, yang rasanya begitu menghentakkan diri kita. Ternyata apa yang dilakukan oleh anak-anak sangat dipengaruhi oleh diri kita sebagai orang tua,” ujar Eva.

Menurutnya, peran orang tua dalam parenting atau pengasuhan sangat krusial dan penuh akan tanggung jawab dalam membentuk keharmonisan keluarga dan kepribadian anak, apalagi dalam momentum tantangan digitalisasi yang begitu cepat saat ini.

Sembari memuji narasumber yang memberikan penjelasan dengan lugas, Eva juga berharap bisa memberikan dan membagikan ilmu yang didapatkan ini secara langsung kepada masyarakat luas terutama para orang tua.

“Hadir sebagai peserta kali ini ada yang dari kelurahan, desa, guru SD hingga SMA atau sederajat, dan kita berharap usai diberikan ilmu terkait parenting ini, mereka dapat mengimplementasikan kepada masyarakat, minimal keluarga terdekat sendiri terlebih dahulu,” ujar Eva.

Sementara itu, Hj. Elly Risman, S.Psi , mengungkapkan menjadi orang tua memiliki tantangan yang sangat besar terlebih di era digital serta pandemi Covid-19 yang terjadi 3 tahun kemarin.

“Pertama, kita dulunya tidak menyiapkan ini. Kedua, kita tidak mengetahui akan hidup di era digital dan ketiga, kita terkena pandemi Covid-19 di mana mau tidak mau anak – anak kita harus belajar secara online atau daring,” jelas Elly.

Menurutnya, hal inilah yang kemudian membuat anak–anak dalam penggunaan gadget atau gawai menjadi tidak terkendali atau berlebihan. Dan di sinilah peran dan tanggungjawab orang tua sebagai ayah dan ibu untuk menjadi sahabat dari anak–anak.

“Ayah dan bunda, harus paham resiko yang ada. Jangan sampai banyak hal terjadi karena diri kita sebagai orang tua abai terhadap anak. Yuk, mari kita berusaha semaksimal mungkin, terus berjuang menjadi orang tua yang baik dan menjadikan anak sebagai orang yang hebat di Bangka Tengah maupun di Indonesia,” ajak Elly.

* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.