Serahkan Bantuan 40 Milyar Alsintan di Desa Rias, Riza Sebut Bantuan Ini Bisa Memicu Semangat Petani

TOBOALI, ERANEWS.CO.ID – Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid melakukan penyerahan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada petani Desa Rias dan sekitarnya di Lapangan Bola Desa Rias pada Senin (15/7/2024).

Acara penyerahan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi, Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Bangka Selatan, Harus Setiawan, Badan Standarisasi Instrumen Pertanian Provinsi Bangka Belitung, Kajari Bangka Selatan, Riama BR Sihite, Perwakilan Polres Bangka Selatan, Kasdim 0432/Bangka Selatan, Mayor Arm. Frengky Triwibowo, Kepala Dinas Pertanian Bangka Selatan, Risvandika, Kapos Binda Toboali, Eddy Priyono, Kepala OPD Pemkab Bangka Selatan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda serta tamu undangan lainnya.

Diketahui, bahwa penyerahan bantuan yang diserahkan kepada para petani tersebut tak lain dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia Tahun 2024.

Seusai penyerahan, Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid menyebutkan bahwasanya bantuan ini merupakan bentuk kerja keras Pemda Basel dalam mengatasi setiap kebutuhan dan permasalahan di sektor pertanian yang ada di daerah itu.

“Artinya harapan kami bantuan-bantuan ini dapat dipergunakan tepat guna, tepat sasaran serta digunakan secara berkeadilan, agar rakyat betul-betul merasakan dampak dan manfaat atas bantuan ini,” ungkap Riza.

lebih lanjut Riza mengatakan, bantuan ini juga diharapkan dapat menambah dan memicu semangat petani agar Basel bisa menjadi lumbung pangan dan menjadi daerah swasembada di Basel dan khususnya di Babel.

“Dengan menambah dan memicu semangat petani kita, tentunya bantuan ini juga akan dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Basel baik di sektor persawahan maupun di petani ladang,” kata dia.

“Bahkan untuk di ketahui juga bahwa Pemda sangat fokus dalam meningkatkan hasil produktivitas hal ini terbukti tahun saja kita dapat bantuan senilai 38 miliar dan tahun ini 40 miliar. Dan kita juga mengucapkan terimakasih banyak kepada BSIP Babel yang telah mendukung pertanian Basel,” ucapnya.

Tak hanya itu, Riza turut menegaskan agar Dinas Pertanian agar tetap melakukan pengawasan terhadap bantuan yang telah disalurkan kepada setiap Gapoktan yang menerima bantuan ini agar para petani dibawah juga mendapatkan keadilan yang sama dan tidak ada kelompok-kelompok yang mengatur bantuan yang telah diberikan.

“Tadi saya juga telah berkoordinasi dengan kepala Dinas saya, ternyata Gapoktan itu yang bisa merubah atau mengevaluasi ketua bukan dari Pemda melainkan dari Kadesnya sendiri, tentunya mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini bisa bermanfaat kepada masyarakat,” terangnya.

Untuk diketahui, bahwa yang menerima bantuan Alsintan dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia Tahun 2024 sebanyak 25 desa yang ada di Bangka Selatan.

(EraNews/Lew)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.