PWI Basel Gelar Workshop Jurnalistik di SMPN 5 Airgegas



TOBOALI, ERANEWS.CO.ID– Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bangka Selatan melaksanakan workshop jurnalistik tingkat pelajar di SMP Negeri 5 Airgegas, Rabu (3/8/2022).

Dalam kegiatan jurnalistik itu, para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan tentang apa itu jurnalistik.

Ketua PWI Kabupaten Bangka Selatan, Dedy Irawan menyebutkan kegiatan workshop jurnalistik merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh PWI Bangka Selatan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan.

“Pelatihan jurnalistik ini bertujuan untuk mengenalkan dunia jurnalistik kepada para siswa/siswi tingkat SMP dan SMA yang ada di kecamatan Airgegas. Melalui kegiatan workshop jurnalistik ini dapat menggali potensi siswa/siswi yang memiliki hobi menulis,” ungkapnya.

Melalui kegiatan workshop jurnalistik ini, kata Dedy, diharapkan apa yang disampaikan oleh narasumber, para siswa/siswi dapat mengaplikasikannya dalam mengolah potensi sekolah ke dalam karya jurnalistik yang baik dan benar dan bisa di publikasikan di media.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin membuka ruang publikasi kepada siswa yang mempunyai hobi menulis. Sehingga siswa yang memiliki hobi menulis baik itu berita, cerpen maupu opini bisa mengirimkan hasil karyanya kepada kami untuk terbit di media baik cetak maupun online,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangsa Selatan melalui pengawas sekolah SMP, Karyanto memberikan apresiasi kepada PWI Bangka Selatan yang telah menggelar kegiatan workshop jurnalistik kepada pelajar SMP dan SMA yang ada di Kecamatan Airgegas.

“Kegiatan workshop jurnalistik ini merupakan kegiatan yang sangat baik di dunia pendidikan terutama dalam meningkatkan literasi sekolah. Praktik pembelajaran baru kepada peserta didik ada tiga hal yakni literasi, numerasi dan karakter,” ujarnya.

Menurut Karyanto, kegiatan pelatihan jurnalistik merupakan suatu hal yang sangat baik dalam meningkatkan literasi di sekolah. Untuk itu, diharapkan kepada siswa/siswi untuk mengikuti kegiatan jurnalistik ini dengan baik dan serius.

“Semoga melalui kegiatan workshop ini para siswa dapat termotivasi untuk menulis, karena orang-oramg hebat pasti menulis. Untuk mulai sekarang biasakan untuk menulis baik itu cerpen maupun opini. Dan saya berharap para siswa yang mengikuti workshop jurnalistik ini ada yang menjadi jurnalis,” harapnya.

Ia meminta kepada kepala sekolah untuk dapat meningkatkan sarana dan prasana sekolah buang dapat menunjang kegiatan siswa yang bertujuan untuk membina siswa dalam menulis sehingga literasi di sekolah dapat meningkat.

“Untuk meningkatkan literasi di sekolah harus di didukung dengan sarana dan prasarana yang baik, seperti majalah dinding, majalah sekolah dan juga website sekolah, sehingga siswa yang hobi menulis bisa di upload di website sekolah,” terangnya. (EraNews/Leo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.