Pjs. Bupati Basel Elfin Elyas Apresiasi Launching Imigrasi Corner Yang Dilakukan Divisi Keimigrasian Kemenkumham Babel

TOBOALI, ERANEWS.CO.ID– Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Bangka Selatan (Basel) Elfin Elyas Launching Imigrasi Corner di Kantor Camat Toboali pada Rabu (25/9/2024).

Dalam launching Imigrasi Corner tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Harun Sulianto, Kepala Divisi Keimigrasian, Doni Alisyahrin serta pejabat Kemenkumham lainnya, Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Bangka Selatan, Hepi Nuranda, Perwakilan Kejari Bangka Selatan, Kepala OPD Pemkab Bangka Selatan, Kapolsek Toboali, Iptu Sua Fataruba, Camat Toboali dan tamu undangan lainnya.

Seusai launching Imigrasi Corner, Pjs. Bupati Bangka Selatan, Elfin Elyas mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi layanan inovasi yang dilakukan Kanwil Kemenkumham Bidang Imigrasi.

“Kami Pemerintah Daerah mengapresiasi layanan ini. Masyarakat tidak harus pergi jauh ke Pangkalpinang dan sangat dipermudah. Silakan masyarakat Bangka Selatan memanfaatkan layanan ini,” terangnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto menyebutkan bahwa layanan jemput bola ini adalah salah satu program inovasi yang diterapkan Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham.

Menurut Harun, Program jemput bola ini akan mempermudah dan mempermurah warga Bangka Selatan yang akan membuat paspor tanpa harus datang ke Kantor Imigrasi di Pangkalpinang.

“Jarak antara Toboali dengan Pangkalpinang sekitar 120 kilometer. Dengan adanya layanan jemput bola ini mempermudah dan mempermurah masyarakat untuk membuat paspor,” ujarnya.

Dijelaskan Harun, Imigrasi Corner memiliki 2 agen literasi yang akan memberikan pelayanan informasi tentang keimigrasian, baik itu pembuatan paspor ataupun tenaga kerja asing.

“Pelayanan ini untuk mencegah ada tenaga kerja asing yang ilegal, tindak pidana perdagangan orang, deteksi ini jika ada orang asing masuk di Basel. Agen literasi ini adalah perwakilan Imigrasi di Basel,” kata dia.

Layanan pembuatan paspor jemput bola dan Imigrasi Corner ini juga dilaksanakan di Kantor Desa Airbara.

“Nanti jika kuotanya sudah penuh, silakan ajukan lagi ke Imigrasi minimal 40 orang, kita akan datang,” terang Harun. (EraNews/Lew)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.