Momen Peringati Hari Pahlawan Nasional, Babel Tawarkan Wisata Sejarah Bukit Menumbing

BANGKA BARAT, ERANEWS.CO.ID — Seluruh masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Pahlawan pada 10 November 2020.

Hari Pahlawan adalah hari nasional yang tidak termasuk ke dalam hari libur nasional.

Tanggal 10 November sendiri dipilih untuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945.

Pada Pertempuran Surabaya ini para tentara dan milisi Indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.

Nah, untuk memperingati Hari Pahlawan di tanggal 10 November 2020, kita akan mengajak traveler untuk melihat saksi bisu perjuangan para pahlawan terdahulu.

Kali ini, kita akan menelusuri tempat pengasingan Bung Karno, Bung Hatta, dan tokoh proklamator lainnya.

Tempat pengasingan ini ada di Pulau Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, sebuah wilayah yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah kemerdekaan Indonesia.

Pasalnya, di Pulau Bangka kamu akan menemui sebuah tempat bernama Pesanggrahan Menumbing di Muntok, Kapubaten Bangka Barat.

Bukit dengan ketinggian kurang lebih 445 mdpl ini merupakan kawasan Tahura (Taman Hutan Raya) sehingga kondisi hutannya masih terjaga. 

Di puncak bukit ini terdapat Pesanggrahan Menumbing yang merupakan tempat pengasingan para Pemimpin Bangsa Indonesia saat Agresi Belanda kedua pada tahum 1948-1949.

Pesanggrahan Menumbing ini dulunya merupakan tempat peristirahatan warga Belanda yang dibangun sekitar tahun 1928-1933.

Untuk menuju ke lokasi anda harus melapor terlebih dahulu di Pos 1 atau pintu masuk wisata jika anda membawa mobil. Hal ini di karenakan jalan menuju lokasi sangat sempit yang hanya bisa di lewati oleh  satu kendaraan saja. Jika anda menggunakan mobil waktu yang dapat anda tempuh menuju lokasi selama 15 menit untuk sampai ke puncak, tetapi jika anda berjalan kaki dapat menempuh waktu untuk sampai selama satu jam di perjalanan.

Jadi pergi dan pulang anda dapat menghabiskan waktu selama dua jam.  Di sisi jalan terdapat pohon-pohon menjulang dengan batu-batu besar yang berbentuk unik mengantar anda sampai ke atas atau tujuan anda. Cuaca di Lokasi ini cukup dingin, jadi sebaiknya pengunjung menggunakan pakaian hangat.

Bahwa di Bangka Belitung tepatnya di Kabupaten Bangka Barat terdapat objek wisata yang syarat dengan sejarah dan catatan perjuangan Bangsa Semoga dengan berwisata bersejarah ini kita bisa mengenang jasa para pahlawan nasional terdahulu.dimana pada momen 10 November adalah hari Pahlawan Nasional.

(eranews/eq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.