Masyarakat Kecamatan Airgegas Antusias Sambut Festival Ngarak Teluk Herujo


AIRGEGAS, ERANEWS.CO.ID- Sejumlah masyarakat Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) antusias melihat acara Festival Ngarak Teluk Herujo dalam rangka memperingati HUT Basel ke-21 Tahun, Selasa (30/4/2024).

Acara yang digelar di Kecamatan Airgegas tersebut diikuti sebanyak 42 peserta yang terdiri dari 10 desa yang ada di Kecamatan Airgegas.

Terlihat Bupati Bangka Basel, Riza Herdavid, Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Basel Haris Setiawan, Kapolres Bangka Selatan, AKBP Trihanto Nugroho, Dandim 0432/Bangka Selatan, Letkol Inf Gani Rahman, Kajari Basel, Riama BR Sihite, Kepala OPD Pemkab Bangka Selatan, Camat Airgegas, Imam Mubarak, Ketua APDESI Bangka Selatan, Muklis Insan serta tamu undangan lainnya hadir langsung dalam Festival Ngarak Teluk Herujo tersebut.

Seusai kegiatan, Bupati Basel Riza Herdavid mengatakan bahwa festival ngarak telok herujo tersebut sebagai upaya untuk mempromosikan warisan budaya Bangka Selatan di tingkat nasional maupun internasional.

“Jadi kegiatan ini rutin setiap tahun dilaksanakan dengan mengangkat warisan budaya yang ada di Bangka Selatan. Agar warisan budaya ini dapat dijaga dan dilestarikan oleh generasi selanjutnya,” ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan, Ngarak teluk herujo merupakan tradisi budaya masyarakat Bangka Selatan yang telah dilakukan secara turun temurun pada zaman dahulu hingga
di era modern saat ini.

Masyarakat setempat bersama pemerintah daerah masih melestarikan warisan budaya teluk herujo melalui acara besar dan juga menggelar festival teluk herujo setiap tahunnya.

“Alhamdulillah peninggalan warisan budaya zaman nenek moyang kita dahulu masih terawat dan terlestarikan di Bangka Selatan. Semoga anak-anak sampai ke cucu kita nantinya dapat menjaga dan mengantungkan tradisi budaya Basel,” kata Riza Herdavid.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, pelajar dan Pemerintah Desa yang telah berpartisipasi pada festival ngarak telok herujo di Kecamatan Airgegas.

“Kami pemerintah daerah bersama unsur forkopimda sangat mengapresiasi antusias masyarakat. Saya berharap kekompakan ini dapat berlanjut kedepannya,” terangnya. (EraNews/Lew)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.