Masih Proses PHO, Pembangunan Pasar Toboali Babel Telah Selesai 100 Persen

TOBOALI, ERANEWS.CO.ID – Proyek Pembangunan Pasar Toboali Bangka Belitung (Babel) saat ini telah rampung atau telah selesai proses pengerjaannya. Dimana proyek yang bersumber dari dana APBN Tahun 2023 ini bernilai Rp. 34.338.093.000, yang dimenangkan oleh PT Beringin Jaya Perkasa.

Saat ditemui di lokasi proyek, Pelaksana Lapangan PT Beringin Jaya Perkasa, Dhika Saputra menjelaskan bahwa pasar ini dengan tiga lantai dan untuk para pedagang itu menempati di lantai satu dan dua.

“Pasar ini berlantai tiga, masing – masing lantai satu dan dua terdiri dari 34 ruko dengan total 68 ruko, sedangkan di lantai 3 didesain untuk bersantai,” kata Dhika Saputra, Selasa (23/7/2024).

Menurutnya, Bukan hanya banyak jumlah ruko saja. Tetapi sederet fasilitas turut menunjang pasar Toboali Babel ini, seperti toilet, mushola, basement serta area parkir yang memadai.

Dikatakan Dhika Saputra juga untuk fasilitas toilet sendiri terdapat 13 toilet yakni, 10 toilet umum laki – laki serta perempuan dan terdapat 3 toilet khusus Difabel, selain itu di setiap ruko itu nantinya juga terdapat alarm kebakaran atau Fire alarm yang secara otomatis apabila terjadi kebakaran.

“Pembangunan gedung bukan hanya ruko pasar saja, tetapi beragam fasilitas juga turut mendukungnya sehingga pasar ini menjadi lebih menarik,” ujarnya.

Dirinya juga menuturkan, setiap ruko juga terdapat masing – masing KWH dengan sistem pulsa token tetapi sepengetahuannya pembelian token ini hanya bisa dibeli melalui pihak pengelola setelah nantinya di lakukan Provosional Hand Over (PHO).

“Jadi saat ini penyelesaian pekerjaan sudah 100 persen serta tepat waktu, hanya saja pihaknya masih melakukan berbagai pengecekan dari mulai apakah ada pipa yang bocor, pompa air, ataupun instalasinya,” tukasnya.

“Jadi untuk pembangunannya baik dalam maupun luar gedung itu sudah selesai 100 persen,” tuturnya.

Lebih lanjut, penunjang lainnya adalah sistem kelistrikan juga dengan sistem switch, apabila terjadi mati lampu cukup beberapa menit saja maka genset akan hidup, lalu apabila pompa air terdapat problem maka pompa back up lainnya tepat akan berfungsi, sehingga walaupun ada maintenance atau perbaikan fasilitas penunjang gedung pasar ini tetap berjalan dengan normal.

Ketika ditanya awak media berapa lama waktu pengerjaan proyek tersebut, Dhika mengatakan pengerjaan proyek pasar Toboali Babel ini memakan waktu hampir 8 bulan.

“Dan semuanya sudah sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB), Dan mudah – mudahan gedung pasar Toboali ini menjadi kebanggan masyarakat serta perputaran ekonomi perlahan meningkat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Bahwa Pembangunan Pasar Toboali Babel ini merupakan hadiah langsung dari Presiden Joko Widodo pada saat kunjungan ke Kabupaten Bangka Selatan (Basel) pada tahun 2022 lalu, dan kini telah selesai.

(EraNews/Lew)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.