Posted in: BANGKA INDUK, DAERAH, Kabar Terkini, News, PANGKAL PINANG

Laporan Masyarakat, Ombudsman Babel dan RI Sidak ke Jembatan EMAS

PANGKALPINANG, ERANEWS.CO.ID — Plt Kepala Ombudsman Bangka Belitung (Babel), M Adrian Agustiansyah bersama anggota Ombudsman RI, Alvin Lie melakukan kunjungan ke Jembatan EMAS Provinsi Bangka Belitung, Rabu (23/09/20). Dalam kunjungan itu turut hadir pula Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah.

M Adrian Agustiansyah dalam kesempatan itu mengatakan bahwa Ombudsman mengunjungi Jembatan EMAS setelah pihaknya melihat pemberitaan bahwa dijembatan EMAS sudah beberapa kali terjadi kecelakaan hingga memakan korban. Dan itu katanya terjadi terakhir pada bulan februari dimana jembatan tersebut terlihat dalam posisi terbuka.

Baca Juga >> Alvin Lie : Jadwal Buka Tutup Jembatan Emas Baiknya Publikasi ke Masyarakat

Selain itu kata Adrian kunjungan ini dilakukannya atas keluhan laporan dari masyarakat yang disampaikan kepada Ombudsman.

“Mereka (masyarakat-red) tidak bisa melewati akses jembatan EMAS sebab akses jembatan ini sangat penting sekali sebagai jalur alternatif yang paling dekat dilalui oleh masyarakat,” ungkapnya.

Oleh sebab itu lanjutnya atas dasar tersebut akhirnya Ombudsman turun dan menindaklanjuti laporan masyarakat baik itu secara laporan langsung dari masyarakat ataupun melalui jalur inisiatif Ombudsman.

Beberapa bulan terakhir tim
dari Ombudsman sudah turun kelokasi dan menemukan banyak fakta dilapangan bahwa terkait jembatan EMAS bukan hanya dari Dinas Perhubungan saja melainkan ada keterkaitan dengan Dinas PU, KSOP dan dinas lainnya.

“Alhamdulillah pada kesempatan ini yang tadinya banyak sektor dan beberapa permasalahan bisa dipertemukan dalam satu titik,” sebutnya.

Untuk itu katanya Ombusman sudah memberikan beberapa saran ataupun masukan kepada pemerintah setempat agar sekiranya saran yang sudah diberikan itu segera secepat mungkin direalisasi baik itu bagaimana caranya melakukan pengoprasian penutupan dan pembukaan jembatan yang pas ataupun mengenai sosialisasi buka tutup kepada masyarakat.

Mudah-mudahan dengan adanya perubahan sistem ini tidak lagi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang terjadi di hari-hari sebelumnya.

“Nanti secara tehknis akan kita buatkan laporan inisiatif dan akan ditutup oleh beberapa saran perbaikan yang nantinya itu akan dilaksanakan oleh pemerintah setempat,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi tentunya akan memberikan yang terbaik bagi pelayanan kepada masyarakat.Terlebih lagi hubungan masyarakat dan pemerintah tetap terjaga dengan baik.

“Pemerintah telah menyiapkan sarana dan prasarana. Pihak dari maayarakat juga harus memahami kondisi yang semestinya kapan jembatan itu bisa dilalui dan tidak bisa dilalui,” katanya.

Oleh karena itu disini penyebabnya adalah kurangnya informasi yang dilihat oleh masyarakat sehingga mengakibatkan terjadinya hal-hal yang tragis seperti waktu lalu.

Dengan demikian kata Wagub, apa yang dilihat kebenarannya hari ini bahwa berbagai hal-hal yang telah disampaikan oleh Ombudsman akan diikuti, namun dengan kemampuan yang dimiliki. Tentunya semua ini baik untuk semua.

“Kita melihat pengoprasian jembatan EMAS sudah maksimal namun ternyata masih ada hal-hal yang masih perlu penguatan disisi yang berkaitan dengan keselamatan daripada masyarakat yang memanfaatkan jalur lalu lintas dijembatan tersebut,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Wagub mengucapkan terimakasih kepada Ombudsman yang sudah melakukan pengoreksian terhadap Icon Jembatan di Babel. Dan kata Wagub memang ada beberapa hal yang harus dibenahi.

“Kita lihat saat ini Jembatan EMAS memang sudah berfungsih sebagaimana mestinya. Berharap ini akan memberikan daya dorong bagi kelancaran sirkulasi arus barang dan jasa yang ada di Babel,” katanya.

(eranews/3s)

Share this:

Bagikan Informasi Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.