Kreatif dan Inovasi Guru
Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19

Penulis : YASAMA HALAWA, S.Th
Guru SMA Negeri 1 BELINYU, Kabupaten Bangka

Sejak adanya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Pendidikan di Indonesia berubah menjadi sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Virus ini telah menyebar ke seluruh belahan bumi, dan sampai saat ini masih menjadi masalah dan mempengaruhi segala segi kehidupan manusia. Pertama sekali kemunculan Covid-19 diduga di pasar hewan kota Wuhan, China.

Dan sampai akhirnya menyebar dan menjadi pusat perhatian dunia. Pemerintah Indonesia pertama kali mengumumkan dua kasus pasien positif Covid – 19 pada bulan Maret 2020 lalu.
Dengan munculnya wabah virus corona, timbul berbagai masalah.

Sebab virus tersebut tidak hanya menyerang manusia, tetapi dampaknya sudah mempengaruhi kehidupan sosial di berbagai negara. Salah satunya yaitu dalam dunia pendidikan di Indonesia, yang sebelumnya pembelajaran dilakukan secara tatap muka (luring), tetapi pada masa Pandemi ini sistem pembelajaran berubah menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (daring).

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang anjuran untuk seluruh institusi pendidikan agar seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan dari rumah dan selalu jaga jarak, mengingat penyebaran virus yang semakin cepat dan mengakibatkan kematian pada penderita yang terpapar virus tersebut, sedang obat yang tepat untuk menyembuhkan para penderita virus masih belum ditemukan.

Guru memegang peranan penting dalam proses pembelajaran terlebih khusus pada pembelajaran jarak jauh. Guru adalah motor penggerak dalam menghasilkan dan mengsukseskan pembelajaran. Guru secara umum adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Figur seorang guru mampu memberikan solusi positif di lingkungan sekolah atau masyarakat dalam segala kondisi. Oleh karena guru merupakan salah satu komponen penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan secara keseluruhan, Untuk itu Guru perlu kreatif dan inovasi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Kreatif dan ivonasi guru akan mempengaruhi minat dan motivasi peserta didik dalam belajar.

Dengan perubahan sistem pembelajaran dari tatap muka menjandi pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah (BDR), tentunya para pendidik perlu mengembangkan potensi yang dimilikinya. Potensi yang sangat penting dikembangkan oleh guru adalah Kreatif dan inovasi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Secara umum, kreatif bisa diartikan sebagai suatu kemampuan yang ada di individu atau kelompok yang memungkinkannya melakukan terobosan atau pun pendekatan-pendekatan tertentu dalam memecahkan masalah dengan cara yang berbeda.

Dengan kata kemampuan untuk menciptakan hal yang baru ataupun cara baru yang berbeda dengan sesuatu yang telah ada sebelumnya. Sedangakan Inovasi menurut KBBI adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru, atau pembaharuan.

Dalam pengertian ini inovasi berati usha seseorang yang mampu mendayagunakan pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagai stimulan, dan hal-hal yang ada disekitarnya.

Kreatif dan Inovasi sangat berguna di segala bidang kehidupan, terlebih khusus dalam dunia pendidikan. Guru dituntut untuk profesional dalam melaksakan pembelajaran. Menjadi  guru yang profesional memang tidak gampang.

Menurut Purwanarminta( 1984:335), mengatakan bahwa Guru ialah komponen manusiawi dalam sebuah proses belajar mengajar, yang ikut mengambil bagian dalam uaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial pada bidang pembangunan.

Kemampuan dan kualitas guru dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh besar terhadap pencapaian mutu pendidikan, sehingga dapat dikatakan cerminan mutu pendidikan terdapat pada kualitas sosok seorang guru.

Dalam konteks ini guru mempunyai fungsi dan peran yang sangat strategis dalam pembangunan di bidang pendidikan.

Masa pandemi merupakan masa yang sulit bagi guru untuk mentransfer ilmunya kepada peserta didik. Pembelajaran jarak jauh bukan hal yang mudah dilakukan oleh guru baik dalam mempersipkan maupun dalam melaksanakan pembelajaran.

Pendidikan dimasa sebelum covid 19 dan cara guru mengajar sangat berbeda dengan masa pandemi covid 19. Karena itu seorang guru harus bisa mengikuti perubahan tersebut dan menyesuaikan diri agar demi kesuksesan pembelajaran.

Untuk menjadi guru yang sekaligus berperan sebagai pembimbing siswa, harus menampilkan karakteristik kreatif dan inovatif dan mahir menggunakan moda pembelajaran, strategi dan metode serta media dan teknologi berpengaruh sangat tajam terhadap efektivitas pembelajaran.

*Guru Kreatif
Kreatif seorang guru dalam mengembangkan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan ide atau gagasan baru berbanding lurus dengan keberhasilan pembelajaran.

Guru kreatif adalah guru yang tidak pernah puas dengan apa yang telah dilaksanakan secara konveksional kepada peserta didik.Dengan kreatifitas guru bisa memberikan pengajaran yang disenangi peserta didik, guru juga menjadi produktif karena apa yang ditemukannya menjadi bahan pembelajaran yang menarik sehingga tidak membuat para siswa cepat bosan, dan lebih menantang para siswa untuk mengikuti pembelajaran.

Ada banyak upaya yang bisa dilakukan oleh guru sehingga menjadi guru yang kreatif. Guru kreatif selalu membuat perencanaan belajar, dengan perencanaan belajar yang beragam dan matang, akan membuat proses berjalan dengan lancar.

Guru harus belajar menyesuaikan diri dengan kondisi dan keadaan pada pembelajaran jarak jauh dan mengisi diri dengan berbagai pendidikan dan pelatihan yang dilakukan oleh lembaga tertentu baik secara tatap muka maupun daring.

*Guru Inovatif
Inovasi pembelajaran merupakan pembaruan atau perbaikan suatu sistem pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih baik (Arifah, 2016:116).

Semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh guru, maka semakin banyak pula hal-hal yang produktif yang dilakukan guru seperti persiapan mengajar yang matang, persiapan moda belajar yang mendukung pembelajaran siswa, media yang menarik siswa untuk belajar lebih aktif, berkembangnya kebijakan sekolah kaitan dengan pembelajaran baik didalam kelas maupun diluar kelas dan sebagainya.

Perkembangan iptek yang kini pesat mengharuskan seorang guru untuk senantiasa mengikuti dan mempelajarinya. Seorang guru berupaya melek informasi dan teknologi jangan sampai seorang guru menjadi sosok yang gagap teknologi dan tidak mengikuti dinamika perkembangan teknologi yang berkembang sedemikian pesat.

Menjadi seorang guru harus lebih inovatif dalam proses pembelajaran. Guru harus bisa mengikuti dan memanfaatkan teknologi yang semakin maju, agar tidak ketinggalan zaman, dan melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau tatap muka dengan baik.

Inovatif guru dalam pembelajaran dimulai dari hal-hal kecil seperti menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman, memahami kelebihan dan kekurangan peserta didik, dan memberi penjelasan materi kepada peserta didik dengan baik dan akurat.

Pada saat sekarang guru dalam mengembangkan kreatif dan inovasi bukan hal yang sulit. Didukung dengan Teknologi pada saat ini guru dapat mengembangkan profesionalismenya melalui berbagai cara. Guru bisa belajar melalui video yang sudah banyak menjamur di internet, mengikuti berbagai diklat online yang sangat membantu guru untuk menumbuhkan kreatif dan inovasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tercepat Memberitakan

X
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.