Kota Pangkalpinang Terima UHC Award dari Wapres RI atas Cakupan Kepesertaan Program JKN

JAKARTA, ERANEWS.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang bersamaan dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof Dr KH Ma’ruf Amin bertempat di Ruang Utama Balai Sudirman Jl. Dr. Saharjo No.268 RT.1/RW.4, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (14/03/23).

Mewakili Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen), penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award kepada pemerintah daerah itu diterima secara langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Dr dr Masagus Hakim.

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof Dr KH Ma’ruf Amin dalam kesempatan itu mengatakan pemerintah daerah harus dapat mengambil peran lebih terutama dengan mendaftarkan penduduk rentan ke BPJS Kesehatan terutama bagi penyandang disabilitas, warga lanjut usia, dan masyarakat terlantar.

Dia menyampaikan, selain aktif mendaftarkan, pemerintah daerah juga harus aktif dalam memastikan seluruh pemberi kerja di wilayahnya untuk mendaftarkan para pekerja dan anggota keluarganya.

“Tanpa terkecuali. Serta mendorong penduduk pekerja informal yang mampu secara finansial untuk mendaftarkan dirinya dan keluarganya dalam program JKN,” imbuh Wapres.

Dari sisi sarana dan prasarana, Wapres juga meminta seluruh pimpinan daerah untuk secara aktif memantau upaya peningkatan kualitas mutu layanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satunya adalah dengan penyediaan fasilitas dan tenaga kesehatan yang berdaya saing serta penganggaran biaya untuk pembayaran iuran tepat waktu.

“Saya mengapresiasi komitmen penyediaan anggaran daerah untuk membayar iuran jaminan kesehatan. Pendanaan yang kuat akan menjamin keberlanjutan program secara berkesinambungan,” ungkap Wapres.

Menutup sambutannya, Wapres berpesan, agar kualitas Program JKN dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan agar pelayanan kesehatan di Indonesia dapat semakin baik dan membawa kemaslahatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Program JKN harus betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sekaligus membanggakan bagi bangsa Indonesia,”katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Dr dr Masagus Hakim menyampaikan bahwa penghargaan Universal Health Coverage (UHC) merupakan wujud nyata komitmen pemerintahan daerah dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi masyarakat.

Selain itu, penyelenggaraan program JKN tidak hanya mendukung pencapaian visi misi Presiden, akan tetapi juga mendukung target RPJMN tahun 2020-2024 yaitu target penduduk Indonesia dalam mendapatkan perlindungan sosial.

“Tercapainya predikat UHC juga harus menjamin setiap penduduk memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang adil , merata dan bermutu baik . Itu layanan yang promotif  preventif, kuratif dan rehabilitatif,” tuturnya.

Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award kepada pemerintah daerah itu diterima oleh 22 Provinsi 334 Kabupaten/Kota di Indonesia.

“Pencapaian Universal Health Coverage (UHC) ini merupakan cakupan kepesertaan program JKN minimal 95 persen dari jumlah penduduk,” tutupnya.

(Shandy_Mane)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.