Kecamatan Gerunggang pemilihan RT/RW Menggunakan Sistem Online dan Langsung

PANGKALPINANG, ERANEWS.CO.ID — Kelurahan Taman Bunga Kec. Gerunggang mengadakan kegiatan pemilihan RT/RW, dan kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Kelurahan Taman Bunga kec. Gerunggang. Minggu (15/11/2020).

Camat Gerunggang, Khotaman Barka. S.STP, M.Tr.I.P

warga  Kelurahan Taman Bunga sangat antusias mendatangi Kantor Kel. Taman Bunga untuk ikut  memilih RT/RW yang mereka usung. kegiatan ini dimulai dari pukul 08:00 WIB sampai dengan selesai

Ada beberapa calon Ketua RT/RW hadir di Tempat Pemilihan Suara (TPS) untuk menyaksikan pemilihan, sementara itu untuk pengamanannya  dari pihak POLISI dan TNI  (BABINKAMTIBNAS dan BABINSA.)

Pemilihan ketua RT/RW Kelurahan Taman Bunga dilakukan dengan dua cara yaitu secara langsung mendatangi TPS dan bisa melakukan pemilihan secara online, menggunakan aplikasi Evoting yang di beri nama E-Voteger Taman Bunga.

Gagasan pemilihan Ketua RT/RW dengan cara online berasal dari Camat Gerunggang, Khotaman Barka, S.STP, M.Tr.I.P,. Untuk pertama kaliĀ  aplikasi ini digunakan di Kelurahan Taman Bunga.

Harapannya uji coba aplikasi ini berhasil dalam pemilihan Ketua RT/RW Kel. Taman Bunga Kec. Gerunggang dan tidak menutup kemungkinan Kecamatan lainnya yang belum menyelenggarakan pemilihan bisa menggunakan aplikasi evoteger

Dalam mencegah kerumunan disaat situasi pandemi covid-19. Dengan aplikasi ini warga dimanapun keberadaan Pemilih masih bisa memberikan hak suaranya meskipun tidak datang langsung ke TPS.

“Gagasan ini sebenernya sudah lama ingin kami lakukan, karena mengingat  sampai sekarang ini indonesia masih terdampak pandemi covid-19, maka gagasan ini untuk menghindari menghindari terjadinya kerumunan orang, sedangkan dalam waktu dekat kita akan mengadakan pemilihan ketua RT/RW, saya dan Sekretaris Camat, Rozi mencari solusi dan munculah gagasan pemilihannya dengan cara evoting,” jelas Barka

selanjutnya camat gerunggang, Barka mengatakan sistem evoting ini untuk pertama kalinya digunakan di Pangkalpinang, berhubung Kel. Taman Bunga yang belum melaksanakan pemilihan dan kelurahan terakhir kecamatan gerunggang dengan harapan kita bisa berjalan dengan baik.

“ini baru pertama kali menggunakan sistem evoting sehingga kita fokuskan ke satu kelurahan dulu terlebih kelurahan yang belum melaksakan pemilihan adalah kelurahan taman bunga.” Ucapnya

langkah awal yang dilakukan oleh kecamatan gerunggang untuk menuju teknologi yang berbasis online.

“Sesuai dengan arahan Walikota Pangkalpinang, kalo bisa kecamatan kerunggang ini melakukan pelayanan kepada masyarakat secara e-layanan terutama pelayanan di kelurahan sehingga mempermudah dan nyaman walaupun mereka berada dimanapun.” Pungkas Camat Gerunggang, Khotaman Barka, S.STP, M.Tr.I.P,.

(Eranews/WK)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.