Jadi Langganan Banjir, Pokdarwis Kelisut Harap Pemkab Basel Bangun Talud



TOBOALI, ERANEWS.CO.ID- Ketua Pokdarwis Pantai Kelisut, Adil berharap kedepan Pemkab Bangka Selatan bangun talud mengingat hujan lebat serta pasangnya air laut yang merendam fasilitas umum Pantai Kelisut, Rabu (10/11/2021) siang.

Adil mengatakan bahwa sekitar jam 12 siang tadi dilokasi wisata pantai K elisut, Kecamatan Toboali mengalami air laut pasang sangat tinggi dan disertai hujan sangat lebat.

“Benar, air laut pasang dan hujan yang sangat tinggi sehingga mengakibatkan didaerah pantai dan panggung seni itu airnya naik setinggi 1 meter,” tuturnya.

Lanjutnya, Adil menyebutkan kejadian ini adalah murni kejadian alam, ataupun kejadian tahunan seperti tahun kemarin.

“Kalau selama berdirinya wisata pantai Kelisut ini sudah terjadi 2 kali kejadian seperti ini, tahun kemarin 1 kali dan tahun ini 1 kali,” sebutnya.

Ia juga menuturkan bahwa genangan airnya dikarenakan curah hujannya yang cukup tinggi ditambah lagi dengan air laut pasang penuh, jadi otomatis airnya full dan untuk durasi waktunya kurang lebih 1 jam untuk banjirnya tadi.

“Untuk fasilitas pariwisata dari Pemerintah yang ada di pantai Kelisut tidak ada mengalami kerusakan, namun kalau bencana sepeti ini terus menerus terjadi itu bisa menjadi kerusakan, karena genangan airnya mengganggu ketahanan atau kekuatan bangunan yang ada disini,” ucapnya.

Ia juga berharap kedepannya nanti pihak Pemerintah Bangka Selatan untuk membuat tanggul atau talud penahan gelombang, supaya gelombang bisa pecah ditengah jangan sampai kepinggir.

“Karena sampai saat ini, pengikisan-pengikisan itu terus terjadi seperti, lapangan futsal pantai kita sekarang sudah mulai mengikis karena bencana seperti ini,” tutupnya.

(EraNews/Leo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.