Fraksi PKS Minta Pemda Basel Menjamin Usaha Perkebunan Kelapa Sawit bagi Para Petani

TOBOALI, ERANEWS.CO.ID- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari Fraksi PKS, Nurrochmad meminta pemerintah daerah (Pemda) harus menjamin usaha perkebunan kelapa sawit bagi para petani sawit yang ada di Bangka Selatan (Basel).

Menurutnya, Pemda Basel dalam hal ini mengharuskan setiap perusahaan kelapa sawit yang ada perkebunan nya itu untuk segera membangun pabrik sendiri.

“Sehingga bisa menyerap buah sawit masyarakat yang ada di Basel, Dimana yang kita ketahui sekarang dampak dari tutup nya pabrik sawit CV. MAL dan CV. MHL milik pengusaha AON berhenti beroperasi sangat berdampak pada penurunan produksi TBS d basel sampai 15%,” kata Nurrochmad pada Selasa (14/5/2024).

Tentunya dalam hal ini sangat disayangkan, Dimana yang mendapatkan dampak negatifnya  hasil panen sawit tersebut yakni para petani di Basel, dan ditambah dengan nilai beli yang semakin menurun.

“Untuk itu kami selaku perwakilan masyarakat sangat mendukung sekali jika perusahaan perkebunan sawit yang ada di Basel diharuskan membuat pabrik pengolahan TBS, Seperti perusahaan BML yang ada di Desa Sebagin yang sudah memiliki lahan -+ 2000 Ha untuk segera membuat pabrik sendiri,” ungkapnya.

Masih kata Nurrochmad, Bahwa ini harus ada tim khusus untuk meninjau ke lokasi. kenapa perusahaan tersebut belum membangun pabrik.

“Yang mana jika perusahaan tersebut membangun pabrik akan berdampak positif untuk meningkatkan produksi TBS masyarakat yang ada di sekitar. Jadi dalam hal ini kami meminta pemda Basel terutama Bupati memberikan kemudahan dalam perijinan jika semua persyaratan sudah dilengkapi,” pungkasnya. (EraNews/Lew)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.