Fordas Babel Selenggarakan Rapat Awal Tahun

BANGKA BELITUNG, ERANEWS.CO.ID — Forum Daerah Aliran Sungai (FORUMDAS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat awal tahun di ruang pertemuan Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (15/01/21).

Rapat ini dihadiri oleh beberapa struktural dan fungsional lintas instansi seperti BPDAS Baturusa Cerucuk, unsur Dinas Kehutanan Provinsi Kep. Babel, BAPPEDA Provinsi Kep. Babel, unsur BMKG Pangkalpinang, KPID Babel, akademisi, Jelajah Bangka, dan relawan lingkungan Komunitas BECAK Babel, dan Bujang Squat yang tergabung sebagai kepengurusan FORUM DAS Babel periode 2016-2020.

Kegiatan ini membahas evaluasi program 2020 lalu, agenda-agenda yang akan dilaksanakan selama tahun 2021 oleh Forum DAS Babel dan juga pelaksanaan lomba video kreatif bertema Sungai,Hutan,dan Kulongku yang diikuti oleh beberapa komunitas peduli lingkungan di Bangka Belitung.

Fadillah Sabri, S.T.,M.Eng selaku Ketua Forum Das Babel mengucapkan alhamdulillah pada evaluasi rapat ini, setidaknya dilaporkan ada 13 kegiatan yang telah berhasil diselenggarakan FORUMDAS selama 2020 silam, dengan rincian Rapat Awal Tahun, Rapat Rutin Bulanan, Penanaman pohon Bersama Kapolda Kepupauan Babel, Bakti sosial di pulau Nangka, Peringatan Hari Rimbawan 2020, Penanaman pohon di pulau Nanas, FORDAS Babel berdiskusi, ForumDAS Berbagi Edisi 1 di Kampung rimba beras, ForumDAS Berbagi Edisi 2 di Mapur Riau Silip dan Pejem, Bangka, Ngoji (Ngobrol dan Mengkaji) edisi 1,2,3 yang juga menghadirkan filsafat lingkungan Rocky Grung.

Beliau menambahkan bahwa FORDAS kedepannya memerlukan kajian-kajian ilmiah yang bersifat startegis terkait kehutanan, sungai, dan kulong. Serta menargetkan ada produk-produk yang bermanfaat seperti penerbitan buku dan diskusi-diskusi publik terkait kehutan dan sungai membahas isu-isu perekonomian masyarakat. Selain itu, Ia juga berharap hasil rapat ini dapat menjadi masukan-masukan positif untuk menyusun program pada rapat program kerja kedepan, pungkasnya.

Sementara itu, Arinda Unigraha selalu Koordinator Relawan Lingkungan FORDAS Babel menyampaikan rasa suka citanya atas nama seluruh Relawan dari lintas komunitas yang tergabung sebagai Relawan Lingkungan ForumDAS.

“Kami sangat senang dapat dilibatkan untuk andil menyukseskan berbagai kegiatan yang diselenggarakan ForumDAS dan instansi terkait. Hal ini tentu memacu semangat anak-anak muda di Bangka Belitung untuk lebih mengenal dan peduli pada lingkungan, khusunya terkait kehutanan dan sungai. Selanjutnya kita akan tingkatkan lagi kualitas dan kuantitas para relawan agar terus aktif bergiat mengawal program-program ForumDas Babel,” ujarnya.

(eranews/eq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.