DPRD Basel Gelar Paripurna Terkait Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Tahun 2021



TOBOALI, ERANEWS.CO.ID- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Selatan, melaksanakan rapat paripurna penyampaian rancangan peraturan daerah (Raperda) di ruang rapat Junjung Besaoh DPRD Bangka Selatan, Jumat (24/6/2022).

Dalam rapat paripurna itu, juga dihadiri langsung oleh Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, Sekda Bangka Selatan, Eddy Supriadi, Forkopimda Bangka Selatan, Kepala OPD Pemkab Bangka Selatan, para Camat dan Lurah serta tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Bangka Selatan Erwin Asmadi Mengatakan, bahwa Alhamdulillah Raperda hari ini berjalan dengan lancar.

“Tentunya yang pertama inisiatif, kedua Raperda dari pemerintah kabupaten Bangka Selatan,” sebutnya.

Ia menambahkan dimana yang utama dari itu adalah pertanggungjawaban tentang APBD tahun 2021.

“Karena itu sudah ada aturan, karena memang untuk segera disampaikan karena sudah ada hasil dari pemeriksaan badan pemeriksa keuangan (BPK) RI, dan nantinya ini sudah disampaikan ke DPRD Bangka Selatan, kita akan melakukan pembahasan secepatnya,” jelasnya.

Dikatakan Erwin Gutawa, bahwa dari beberapa tanggapan fraksi yang ada, tidak ada hal yang untuk ditanggapi oleh Bupati.

“Sehingga nantinya, dalam awal bulan nanti kita akan memasuki tahap pembahasan, dan kita berharap Raperda yang disampaikan ini cepat untuk disahkan,” ungkapnya.

Ia menuturkan, kalau melihat apa yang disampaikan tadi tidak ada yang lebih spesial.

“Artinya semuanya umum, kita berharap untuk penyelenggaraan, pemerintahan untuk kedepannya mungkin sesuai arahan apa yang disampaikan oleh BPK RI, tentunya agar berhati-hati sesuai dengan koridor hukum yang berlaku,” ucapnya.

Pihak DPRD Bangka Selatan, mengapresiasi Pemkab Bangka Selatan meriah wajar tanpa pengecualian (WTP) untuk ke tiga kalinya secara berturut-turut.

“Kita mengapresiasi sekali atas kinerja, daripada pemerintah daerah yang menurut penilaian kita saat ini lebih baik, karena bisa mempertahankan tiga kali WTP itu sangat luar biasa,” terangnya.

Sementara itu Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mengungkapkan bahwa hari ini telah melaksanakan paripurna bersama pihak DPRD Bangka Selatan.

“Pertama terkait pertanggungjawaban, kedua ada perda inisiatif dari kawan-kawan dari DPRD, dan Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar, tinggal pengembangan serta penajamannya,” tuturnya.

Lanjutnya, agar apa-apa yang sudah dihasilkan dari kawan-kawan DPRD ini bisa di terapkan kepada masyarakat Bangka Selatan.

“Tentunya kita juga akan mengevaluasi serta juga harus segera melakukan rencana aksi dikasih waktu 60 hari ke depan, dan saya sudah perintahkan kepala-kepala OPD terkait untuk menyelesaikan temuan-temuan itu segera,” ujarnya.

Untuk diketahui dalam temuan kali ini Pemkab Bangka Selatan temunya sangat sedikit dan ringan.

Dalam rapat paripurna hari ini antara Pemkab Bangka Selatan dengan pihak DPRD Bangka Selatan antara lain 1. Pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2021, 2. Penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dan yang terakhir adalah penanggulangan penyakit menular. (EraNews/Leo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.