DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI JALUR PRAKTIS DALAM MENINGKATKAN OMSET UMKM



Seperti yang kita ketahui,bahwa Perkembangan teknologi yang pesat menghasilkan modernitas yang ditandai dengan pertumbuhan ekonomi, mobilitas sosial, hingga perluasan budaya. dan tentunya kita sebagai manusia yang hidup zaman modernisasi sudah hidup berkegantungan dengan teknologi di kehidupan sehari-hari.Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi.Apalagi dengan kecanggihan teknologi manusia yang awalnya bekerja di luar rumah,sekarang dapat bekerja hanya dari rumah saja (Work From Home).


Bagi UMKM yang sudah lama berbisnis ataupun yang baru saja mulai,di zaman modern ini sangatlah disarankan selain berbisnis di offline store sudah saatnya membuka lapak bisnis lewat online store seperti Shopee,Tokopedia,Bukalapak dll.karena saat ini pengguna internet sangatlah tinggi apalagi di sosial media seperti instagram,facebook,whatsapp dll.bagi konsumen belanja lewat online store sangatlah populer saat ini karena lebih mudah dan bisa belanja dimanapun dan kapanpun.Sangatlah besar peluang bagi UMKM yang ingin meningkatkan OMSET nya.Namun,dibalik bisnis online itu ada baiknya dibantu dengan online marketing yang saat ini dikenal Digitalisasi marketing yaitu suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet.Dalam strategi digital marketing ada banyak pilihan mulai dari yang gratis promosi sampai yang berbayar.Berikut strategi digital marketing yang bisa jadi ide bagi para entrepreneur di UMKM yang sangat ampuh dan cepat prosesnya :

1.Content Marketing

Content marketing adalah teknik online marketing dengan mendistribusikan konten yang relevan dan konsisten kepada audiens.Konten ini dapat dibuat dalam bentuk unggahan blog, media sosial, artikel, e-book, indografis serta brosur online.

Content populer saat ini yaitu content video yang diupload di media platform seperti Tiktok,Reels instagram,Youtube video short.Namun,content video marketing harus dibuat sekreatif mungkin agar menarik konsumen online dan tertarik membeli produk yang dijual.Content marketing menjadi startegi wajib dan paling berpengaruh di online marketing yang direkomendasikan bagi para UMKM.

2. Pay-Per-Klik (PPC)

PPC adalah model digital advertising  marketing berbayar yang mengharuskan pengiklan membayar sejumlah biaya setiap kali iklannya mendapat click.PPC dapat membantu pengiklan menargetkan calon konsumen dengan sangat spesifik, misalnya berdasarkan lokasi atau minat. Karena itu, banyak bisnis atau merek yang memasukkan PPC dalam strategi pemasaran mereka.

Saat ini, banyak platform yang menawarkan strategi PPC, seperti Google Ads, Twitter Ads, Facebook Ads, YouTube Ads, dan banyak lain-lain. Meski demikian, Google Ads menjadi platform PPC paling populer yang banyak digunakan pengiklan.

3. Native Advertising/iklan banner.

Bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya.Konten yang terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media yang terkait. Contohnya Promoted Post atau boost post di Instagram dan Facebook.

Dengan Native Advertising untuk mengiklankan produk terbilang murah karena disesuaikan oleh budget marketing yang kita miliki dan bisa di setting.Sangat cocok bagi pemula UMKM.

4. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah suatu metode pemasaran/bisnis di mana seseorang yang bertugas sebagai afiliator akan mendapatkan sejumlah komisi setelah berhasil mempromosikan produk pihak creator(merchant).

Menggunakan jasa affiliate ini sangat praktis karena kita sebagai creator tidak perlu turun tangan secara langsung untuk digital marketing product.Cukup kita serahkan kepada jasa pihak affiliate untuk memasarkan produk kita.Contohnya Hosting video ads dengan Youtube.

5. Sosial Media Marketing

Social media marketing adalah bentuk dari pemasaran digital yang menggunakan media sosial dan situs website untuk memasarkan produk atau jasa bisnis melalui cara berbayar dan organik. Pemasaran ini dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan, menyelesaikan pertanyaan dan keluhan, mengumumkan produk dan layanan baru, mendapatkan feedback dan rekomendasi, serta membangun komunitas pelanggan.sangat direkomendasikan bagi UMKM karena bisa memasarkan produk secara gratis dan saat ini juga populer dikalangan pengguna sosmed.Seperti instagram,facebook,whatsapp,twitter dll.

6. Influencer Marketing

Influencer marketing adalah jasa yang ditawarkan oleh influencer online untuk memasarkan produk atau layanan sebuah bisnis.Biasanya Influencer dikirimkan barang dari pihak owner brand lalu dipromosikan lewat akun sosmed mereka yang biasa disebut endorsement.Lalu,para followers dari influencer tersebut akan tertarik dengan produk yang di endorse serta direview baik oleh influencer.Cara ini sangat wajib UMKM untuk meningkatkan penjualannya secara cepat dan ramai pelanggan karena cara ini banyak digunakan dizaman sekarang.


Kesimpulannya

Strategi digital marketing saat ini telah menjadi wadah marketing populer di era modernisasi dan bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun.dengan menerapkan strategi ini banyak pihak perusahaan dan UMKM terbantu dengan menaikkan brand serta omset penjualan secara cepat dan marketing online yang berlangsung lama dampaknya.Apapun strategi digital marketing yang digunakan ada baiknya terlebih dahulu melihat peluang secara langsung dan di analisa dahulu agar hasilnya baik dan tidak mengalami kerugian.

Penulis : Sephia Rizki Amanda . Mahasiswi Universitas Bangka Belitung,Fakultas Ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.