Apel Dengar Amanat Pimpinan dan Instansi Teknis Kecamatan Gabek

PANGKALPINANG, ERANEWS.CO.ID — Sesuai dengan jadwal agenda APEL Manis (Mendengar Amanat Pimpinan dan Instansi Teknis) Kecamatan Gabek kali ini sebagai Pembina Apel Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang Dr. dr. H. Masagus M. Hakim, M.Kes, Rabu (22/06/22).

Dr dr H Masagus M Hakim dalam amanatnya menyampaikan beberapa hal diantaranya tentang penyakit tidak menular yang merupakan salah satu peringatan penting seperti Diabetes Militus, Sakit Jantung dan lain sebagainya.

“Kita bersama sama berduka atas Wafatnya Inspektur Kota Pangkalpinang Bapak Suhaimi, SH, MH kemaren siang dikarenakan serangan jantung. Jadi penyakit tidak menular ini dapat diantisipasi dengan selalu kontrol kesehatan seperti cek asam urat, gula darah, Kolestrol, detak jantung untuk menjaga diri agar tetap sehat dan bugar,” ucapnya.

Selain itu dia juga menjelaskan bahwa penyakit menular sepeti Covid masih ada yang tertular di Kota Pangkalpinang setelah petugas melakukan pengecekan terhadap pasien dan itu kata dia pasien itu belum di vaksinasi.

“Disini lah pentingnya vaksinasi untuk menciptakan kekebalan tubuh kita. Selain Covid yang sedang mewabah saat ini, ada juga DBD, dimana DBD ini harus diantisipasi dengan PHBS Perilaku Hidup Bersih dan Sehat,” ujarnya.

“Foging dapat memutuskan penularan DBD, tetapi penyemprotan nyamuk dengan foging ini diibaratkan seperti pemadam kebakaran karena hanya dapat membunuh nyamuk sesaat setelah itu jika PHBS tidak diterapkan akan kembali nyamuk berkembang biak,” sambung dia.

Lanjutnya, terkait foging pihaknya perlu bersinergi dengan pihak Kecamatan dan Kelurahan dikarenakan keterbatasan anggaran saat ini diharapkan bisa bersama-sama untuk melakukan foging jika memang diperlukan.

Kemudian untuk sarana dan prasarana Kesehatan di Kecamatan dan Kelurahan seperti Puskesmas, Puskesmas Pembantu (Pustu), Pos Kesehatan Kelurahan (Poskeskel) adalah sarana bersama. Oleh karena itu dirinya mengajak untuk sama-sama menjaga.

Kata Dr dr H Masagus Hakim jika memang masih ada Pustu dan Poskeskel yang belum aktif bisa sampaikan ke Dinas Kesehatan yang nantinya ditempatkan personil dalam memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat.

Pada penutup amanat Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang juga menyampaikan jika ada permasalah di masyarakat seperti Gizi Buruk dan permasalah BPJS Kesehatan diharapkan pihak Kecamatan dan Kelurahan untuk dapat segera menyampaikan kepada Dinas Kesehatan bisa melalui petugas kesehatan terdekat.

“Kesehatan warga Pangkalpinang tidak hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan tapi kita semua secara umum Pemerintah Kota Pangkalpinang,” imbuhnya.

Apel Manis pada kesempatan ini dihadiri oleh Camat Gabek, Sekcam Gabek, Lurah Se Kecamatan Gabek, Kasi Kasubag Kecamatan dan Kelurahan Se Kecamatan Gabek, Staf PNS dan PHL Kecamatan dan Kelurahan Se Kecamatan Gabek.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.