Ada 28 Tambak Udang Beroperasi di Basel



TOBOALI, ERANEWS.CO.ID- Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Selatan, mencatat ada sebanyak 28 tambak udang vaname yang saat ini sedang berproses dan ada juga yang sudah beroperasi.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Penataatan dan Penataan Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Selatan, Kartikasari atas seizin PLT Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Happy Nuranda saat di temui di kantornya.

“Untuk saat ini memang perusahaan tambak udang vaname sangat banyak,” kata Kepala Bidang Kartikasari, Senin (1/8/2022).

Ia menambahkan tambak udang tersebut ada di dua kecamatan di Kabupaten Bangka Selatan, dan baru-baru ini ada juga yang mau membuka di daerah Kecamatan Simpang Rimba.

“Memang untuk persyaratan membuat perizinan usaha tambak udang itu para perusahaan tersebut harus memenuhi beberapa persyaratan,” ungkapnya.

Lanjutnya ada beberapa persyaratan, seperti persyaratan persetujuan kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang, persetujuan lingkungan dan persetujuan bangunan gedung.

“Setelah itu muncullah izin usaha yang semuanya di akses melalui sistem OSS – RBA atau perizinan berusaha berbasis risiko, yang lebih jelasnya perizinan berusaha yang diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan kegiatan usaha yang dinilai berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha,” paparnya.

Dijelaskan Kartikasari bahwa penggunaan sistem OSS dapat membuat pengusaha lebih mempermudah dalam mengurus perizinan berusaha, dan hal tersebut sesuai dengan undang-undang nomor 11 Tahun 2020 tentang cipta kerja.

“Berharap walaupun diberikan kemudahan, akan tetapi saat ini belum ada para pelaku usaha yang memanfaatkan baik itu disengaja maupun tidak disengaja dalam mengisi data palsu,” pungkasnya. (EraNews/Leo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.