Achen Resmi di Lantik Sebagai Ketua
Pengkab E-sport Bangka Selatan

TOBOALI, ERANEWS.CO.ID — Ketua Pengurus Provinsi E-sport Indonesia Bangka Belitung, Edy Haryata melantik lima pengurus E-sports tingkat kabupaten/kota dengan masa bhakti 2020-2024 di Sun Hotel Pangkalpinang, Selasa (03/11/20).

Adapun pelantikan lima pengurus E-sports kabupaten/kota yakni kota Pangkalpinang, kabupaten Bangka Selatan, kabupaten Bangka Tengah, kabupaten Bangka dan kabupaten Bangka Barat.

Usai dilantik sebagai Ketua Pengkab E-sports Bangka Selatan, Thamrin mengatakan
dirinya akan memfokuskan program kerja E-sports dalam mencari bibit-bibit atlit berbakat untuk dilakukan pembinaan yang siap berlaga di cabang olahraga E-sports nantinya.

“kita akan melakukan sosialisasi cabor E-sports Indonesia kepada masyarakat dan kawula muda Bangka Selatan guna lebih mudah dilakukan pemantauan serta membina atlet E-sports yang ada di Bangka Selatan,” kata Thamrin, Rabu (4/11).

Selain itu, kata dia E-sports Bangka Selatan akan menyelenggarakan even atau turnamen E-sports untuk memantau talenta baru E-sports Bangka Selatan dengan tujuan meningkatkan kemampuan dan kemajuan bagi atlit atlit E-sports Bangka Selatan.

“Kita juga akan bersinergi dengan KONI dan Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga untuk mengembangkan bakat bakat anak milenial Bangka Selatan pada kegiatan positif ini dengan tujuan dan harapan atlit atlit E-sports Bangka Belitung dapat berprestasi di tingkat nasional dan internasional,” ujar Achen sapaan akrabnya.

Untuk diketahui, Dunia E-sports merupakan permainan game online yakni ML (Mobile Legend-red), Arena of Valor, PUBG, Dota dan game lainnya dan pada SEA Games 2019 di Filipina, untuk pertama kalinya E-sports menjadi salah satu cabang olahraga resmi yang dipertandingkan dan kontingen Indonesia sukses menyumbangkan dua medali perak saat itu.

Sementara itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) secara resmi mengakui E-sports sebagai sebuah cabang olahraga prestasi di Indonesia.

Pada tanggal 25-27 Agustus 2020, KONI menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat 2020 yang berlangsung secara virtual.
Dalam rapat tersebut, ditetapkan bahwa E-sports diakui secara resmi sebagai sebuah cabang olahraga prestasi di Indonesia oleh Kemenpora dan KONI.

Hal ini menandakan bahwa E-sports dapat diikutsertakan sebagai cabang olahraga resmi pada kompetisi tingkat nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON).

(eranews/PDA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.