Desa Gadung Ditetapkan Sebagai Desa Cantik

TOBOALI, ERANEWS.CO.ID- Desa Gadung, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) ditetapkan sebagai Desa Cantik (Cinta Statistik) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) daerah itu pada Selasa (8/10/2024).

Acara yang berlangsung di Gedung Serbaguna Kantor Desa tersebut ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan Piagam Komitmen Bersama serta penyematan selempang agen statistik kepada perwakilan desa.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan literasi statistik di tingkat desa. Dengan memfokuskan pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan berbasis data, kami berharap Desa Gadung dapat menjadi contoh dalam pengelolaan informasi statistik,” kata Kepala BPS Basel, Agung Rachmadi.

Ia menambahkan, BPS akan memberikan pendampingan dari segi metodologi dan pengolahan data, sehingga para agen statistik di desa dapat menyebarluaskan pengetahuan mereka.

“BPS akan memberikan dukungan dari segi metodologi dan pengolahan data, sehingga para agen statistik di Desa Gadung dapat menularkan pengetahuan mereka kepada masyarakat,” kata dia kepada sejumlah wartawan.

Dikatakan Agung Rachmadi, dengan dicanangkannya desa Gadung sebagai Desa Cantik ini diharapkan Desa tersebut dapat lebih baik dalam hal validitas, kualitas, dan penyebarluasan informasi statistik.

“Kami ingin memastikan bahwa seluruh proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan di desa Gadung dapat dilakukan berdasarkan data yang akurat dan valid,” ucapnya.

Bahkan, lanjutnya, desa Gadung juga ditargetkan untuk menjadi role model bagi desa-desa maupun kelurahan lainnya yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

“Kami ingin ini tidak hanya berhenti di desa Gadung, tetapi dapat menyebar ke desa-desa dan kelurahan lainnya di kabupaten ini,” tukasnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Haris Setiawan mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada BPS Basel karena telah menetapkan Desa Gadung sebagai desa Cantik (Desa Cinta Statistik).

Menurut dia, dengan ditetapkannya Desa Gadung menjadi Desa Cantik ini tentunya menjadi role model untuk pemantapan data statistik yang ada di Kabupaten Bangka Selatan khususnya di mulai dari satuan terkecil yaitu di Desa.

“Kami mengucapkan terimakasih karena desa Gadung ditetapkan sebagai desa cantik. Artinya bahwa Desa ini menjadi role model untuk pemantapan data statistik yang ada di Kabupaten Bangka Selatan khususnya di mulai dari satuan terkecil yaitu di Desa. Karena semua sumber data itu adalah semuanya di Desa, jadi kami sampaikan apresiasi dan terimakasih ke pada BPS Bangka Selatan,” terangnya. (EraNews/Lew)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.