Ini Penjelasan Plt Direktur PDAM Tirta Pinang Pangkalpinang Penyebab Distribusi Air Bersih Terganggu

PANGKALPINANG, ERANEWS.CO.ID — Beberapa hari terakhir pelanggan PDAM Tirta Pinang Pangkalpinang wilayah Kecamatan Bukit Intan mengeluhkan pelayanan distribusi air bersih yang kurang lancar.

Terkait hal itu, Plt Direktur PDAM Tirta Pinang Pangkalpinang, Ervany membenarkan hal tersebut. Menurut dia permasalahan itu disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah pipa PDAM putus akibat pekerjaan proyek di wilayah TPI ketapang dan berulang beberapa kali.

Selain itu pipa distribusi diameter 110 mm yang berlokasi di belakang kantor Departemen Agama Provinsi Bangka Belitung putus akibat proyek pembuatan talud pada tanggal 24 November 2022.

“Terkait itu PDAM Pangkalpinang langsung melakukan perbaikan pipa agar air kembali berjalan normal,” ungkapnya, Jumat (02/12/22) kemarin.

Dia juga menyampaikan bahwa permasalahan itu juga terjadi di jembatan pipa Jalur Bacang Reservoir Temberan sobek di Lokasi dekat CV Dona dikarenakan aset sudah tua.

Bahkan kata dia ada yang lebih parah lagi yakni pencurian oleh oknum yang tidak bertanggungjawab yaitu Clamp Pipa Steel diameter 250 mm di Jalan Pulau Bangka Komplek Perkantoran Gubernur sebanyak tiga (3) titik yang telah dicuri.

“Akibat pencurian yang dilakukan oleh oknum ini air terbuang dan berakibat hilangnya tekanan air ke rumah pelanggan. Hal ini baru kita ketahui oleh petugas setelah melakukan survei jalur pada hari Rabu, dan selesai dilakukan perbaikan clamp pada hari kamis sore tanggal 01 desember 2022 dan distribusi air bertahap untuk penormalan,” ucapnya.

Dia menambahkan bahwa terkait permasalahan ini ada satu lagi pipa ukuran 110 mm yang berlokasi di Belakang kantor Departemen Agama Provinsi Bangka Belitung pada Hari Jumat tanggal 02 desember 2022 mengalami putus akibat proyek pembuatan talud. Itu menurutnya diakibatkan oleh tanah longsor sehingga distribusi air ke pelanggan menjadi terganggu.

“Perbaikan-perbaikan ini telah selesai dilakukan oleh petugas PDAM, namun pemulihan pengaliran butuh waktu 1 x 24 jam karena pipa kosong akibat perbaikan,” katanya.

Dengan adanya permasalahan ini Pihak PDAM turut menyampaikan permohonan MAAF kepada masyarakat terutama kepada pelanggan PDAM akibat terganggunya distribusi pengaliran air bersih yang diakibatkan dari beberapa kendala tersebut.

“Kami dari pihak PDAM akan terus berupaya tentunya dalam melalukan peningkatan pelayanan kepada pelanggan PDAM Tirta Pinang Pangkalpinang,” tutupnya.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.